Kurangi Penyebaran Covid-19, Masyarakat Diminta Jujur dan Disiplin

WARTAKOTA.NET – Sebagai upaya menekan penularan Covid-19 atau virus Corona yang saat ini dinyatakan sebagai pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO, masyarakat diminta disiplin jalankan protokol kesehatan, terutama yang beraktivitas di tempat umum.

Di Kabupaten Banjar, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 74 orang.

Di sisi lain ada penambahan 1 Orang pada Kasus Terkonfirmasi (Positif) menjadi 8 orang, diantaranya 4 dirawat, 3 sembuh dan 1 meninggal.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, HM. Hilman selaku Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 saat Vidcon bersama Jurnalis Banjar, Sabtu (18/4/20) tadi.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Banjar dr Diaduddin, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Banjar HM. Aidil Basith sebagai moderator.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM. Hilman menyampaikan, sebagai upaya pencegahan, Tim Gugus Tugas Covid-19 sudah mengupayakan kemungkinan terjadinya transimi lokal di Kabupaten Banjar.

“Ini merupakan tugas berat teman-teman yang ada di gugus depan, dengan melakukan tracking dan riwayat kontak dibantu dengan desa tanggap dan tangguh Covid-19 bekerja melakukan penelurusan,” ucapnya.

Ia menambahkan, melalui desa tanggap dan tangguh Covid-19 bisa membantu mendata warga yang keluar masuk desa dan memberikan pemantauan terhadap warga yang berstatus ODP. Pemerintah Kabupaten Banjar siap menanggung kebutuhan sembako pada masa karantina.

“Kami sudah menyiapkan tempat untuk warga yang berstatus ODP untuk dikarantina, diantaranya karantina mandiri atau di desa dan di Guest House Sultan Sulaiman, di sana akan ditanggung semua kebutuhannya,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengajak rekan jurnalis untuk dapat menginformasikan situasi terkini secara berimbang dan dapat dipertanggung jawabkan tentang penanganan virus corona di Kabupaten Banjar.

“Kejujuran dari masyarakat yang sangat kami harapkan, yang mana ada riwayat kontak dengan orang yang positif langsung diinfokan kepada pelayanan kesehatan setempat,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM. Aidil Basith menuturkan, pihaknya akan lebih gencar lagi melakukan sosialisasi, baik melalui media online, cetak dan televisi serta imbauan langsung ke masyarakat.

“Kami akan tingkatkan kesiapan untuk sosialisasi kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Banjar terkait perkembangan Covid-19 dan langkah-langkah pemerintah terkait penanganan dan pencegahannya,” tuturnya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Pengrajin Fukaha Sepi Pesanan

Peringatan Hari Jadi ke-21 Kota Banjarbaru Digelar Sederhana