SUKASUKA

Menuju New Normal, Pemko Banjarbaru Lakukan PKM

WARTAKOTA.NET – Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Banjarbaru untuk memutus mata rantai covid-19, telah selesai baru baru tadi.

Meskipun demikian, langkah Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Banjarbaru tak hanya berhenti sampai di situ.

Pemko Banjarbaru punya langkah baru, yaitu melakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) sebagai keberlanjutan dari PSBB.

Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani menyampaikan, PSBB dan PKM ini dilaksanakan sebagai upaya pendisiplinan kepada masyarakat sebelum menuju kondisi kenormalan yang baru atau New Normal.

Masih kata H. Nadjmi Adhani, dalam 14 hari ke depan, para petugas gabungan yang semula bertugas dan berjaga di posko-posko PSBB Kota Banjarbaru, kali ini akan masuk ke tempat kerumunan masyarakat yang bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat agar melakukan jaga jarak, menggunakan masker, serta menyampaikan tentang perilaku dan protokol covid-19 kepada masyarakat.

“Kita doakan sama-sama agar petugas selalu dilimpahi kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugas di lapangan, untuk mendisiplinkan masyarakat Kota Banjarbaru menuju kenormalan yang baru,” tutur Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani, Senin (1/6/20).

Posko PKM yang ada di Pasar Bauntung Banjarbaru. Foto : dm – Hms Dishub Bjb

H. Nadjmi Adhani menambahkan, sampai 14 hari ke depan atau sampai 13 Juni nanti, pelaksanaan PKM ini akan terus dievaluasi.

“Apabila masyarakatnya sudah disiplin dan sesuai sudah protokol covid-19, kita akan membuka kran kenormalan yang baru,” harapnya.

Lebih lanjut H. Nadjmi Adhani menerangkan, saat ini Pemerintah Kota Banjarbaru sudah menetapkan 5 posko PKM yang tersebar di sejumlah titik di Banjarbaru.

Posko-posko itu berada di depan Q-Mall Banjarbaru (perbatasan Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar), Pasar Bauntung Banjarbaru, Pasar Ulin Raya, halaman Kantor Kelurahan Loktabat Utara, dan di halaman Kantor Satpol PP Kota Banjarbaru (Lapangan Dr. Murjani).

Petugas dari Dishub Kota Banjarbaru menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk menggunakan masker dan lain sebagainya. Foto : dm – Hms Dishub Bjb

Di samping posko-posko PKM di tingkat kota, posko PKM ditingkat kecamatan – Kelurahan juga akan diaktifkan.

Posko tingkat kecamatan – kelurahan ini akan disokong oleh petugas dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Sifat peneguran yang kita lakukan adalah secara humanis dan pendekatan serta bersifat mengingatkan. Namun jika sudah diingatkan dan tidak melaksanakan, maka akan diberikan sanksi,” demikian Nadjmi. (upk/dm)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Mageli, Makanan Tradisional Saat Upacara Adat Kesultanan Banjar

Salat Jum’at Berjamaah di Masjid Sudah Diperbolehkan