Di Rumah Saja? Memelihara Ikan Koi Bisa Jadi Solusi Penghilang Rasa Jenuh

WARTAKOTA.NET – Anda sering merasa bosan atau jenuh saat harus berdiam diri di rumah? Memelihara ikan koi bisa jadi salah satu solusi untuk menghilangkan kejenuhan itu.

Dilansir dari laman wikipedia, Koi, atau secara spesifiknya koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak.

Di Jepang, koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Ini karena koi merupakan homofon untuk kata lain yang juga bermakna kasih sayang atau cinta. Ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak.

Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah (kolam koi atau taman air, karena ikan koi dipercaya membawa keberuntungan. Karena ikan koi sangat dekat berkerabat dengan ikan mas, dan oleh karena itu di Indonesia banyak orang menyebutnya ikan mas koi.

Jenis ikan koi dibedakan tergantung dari warnanya, polanya, dan ukurannya. Beberapa unsur warnanya adalah putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem. Jenis koi paling dikenal adalah jenis “Gosanke”, yang terdiri dari Kohaku, Taisho Sanshoku, dan Showa Sanshoku.

Beragam jenis koi yang diternakkan Dwie. Foto – Istimewa

Salah satu Breeder (peternak) ikan koi dari Kota Banjarbaru, Dwie Kurniawan atau lebih akrab disapa Mas Dwie mengatakan bahwa memelihara ikan koi bisa menghilangkn rasa bosan atau stress. Menurutnya, dengan memelihara ikan koi yang memiliki keindahan warna, kemudian memandang ikan koi itu sendiri saat berlenggak-lenggok bebas dan tenang di dalam air sembari diiringi suara gemercik air, akan membuat suasana hati dan perasaan menjadi lebih rileks.

Masih kata Dwie, jenis ikan koi yang bisa dipelihara oleh para pemula yaitu jenis Gosanke (Kohaku, Sanke, Showa).

“Kalau untuk ukuran ikan tergantung kolam yang dia punya. Ada pemula yang mempunyai kolam besar,” kata Dwie.

“Tapi rata-rata mulai ukuran 15 cm ke atas. Sedangkan harga kisaran 50 ribu ke atas,” sambung pria kelahiran Lumajang ini. 

Di sisi lain Dwie menambahkan, kelebihan memelihara ikan koi dibanding ikan hias jenis lain yaitu, Koi bisa berumur panjang, badannya bisa lebih besar, dan warnanya juga menarik. Selain itu, lanjut Dwie, koi bisa menjadi investasi bagi pemiliknya jika dalam pemilihan ikan dan perawatan bagus, maka nilai ikan koi itu bisa bertambah (tinggi).

“Kata orang Jepang koi adalah mutiara yang berenang. Kolam koi bisa menambah keindahan halaman rumah,” ungkap Dwie yang sudah menekuni dan terjun langsung jadi breeder selama kurang lebih 8 tahunan ini.

Terpisah, salah satu penghobi ikan koi dari Kota Banjarbaru, Tomi menyampaikan bahwa ada alasan tersendiri ia memelihara ikan koi. Menurutnya, selain kolam ikan koi dapat menambah nilai estetika rumah, memelihara ikan koi juga dapat menghilangkan stress dikala merasa jenuh di rumah. Terlebih beber Tomi, ikan koi yang ia pelihara di rumah sudah bisa berinteraksi dengan dirinya.

“Saat saya memberi makan, mereka (ikan koi) makan langsung pakan yang ada di tangan saya, jadi seperti menyuapi mereka,” pungkas pria yang menyukai koi jenis Chagoi Tembaga, Asagi, Budo Goromo, dan Showa ini. (dm)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Polres Banjarbaru Amankan ‘BZ’, Perekam dan Penyebar Video Hoax Corona

Pasar Malam Di Martapura Sementara Waktu Ditiadakan