Mageli, Makanan Tradisional Saat Upacara Adat Kesultanan Banjar

WARTAKOTA.NET – Mageli merupakan salah satu penganan/kudapan tradisional khas Kalimantan Selatan, khususnya di Kota Martapura Kabupaten Banjar.

Kudapan berbentuk bundar kecil mirip perkedel ini sangat mudah ditemukan di Kota Serambi Makkah, Martapura.

Harganya pun sangat terjangkau. Cukup dengan merogoh kocek Rp500, Anda sudah bisa mencicipi kudapan bercita rasa gurih ini.

Selain bisa dijadikan cemilan, mageli juga kerap dijadikan sebagai lauk tambahan saat menyantap kuliner khas Banjar lainnya, seperti lapat/buras hingga nasi kabuli.

Konon, mageli ini berasal dari jazirah Arab, yaitu dari Saudi Arabia.

Di Martapura, mageli dijadikan sebagai makanan khas karena makanan ini ada kaitannya dengan Kesultanan Banjar, dan sebagai bagian dari makanan tradisional saat upacara adat kesultanan.

Hingga kini, masih banyak pedagang mageli yang masih bertahan, salah satunya Nursiah.

Warga Desa Pasayangan Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar ini sudah 30 tahun menjadi pedagang mageli. Bahkan diakuinya, ia sudah sangat mahir dalam mengolah mageli.

“Ini usaha turun temurun, kalau saya saja sudah 30 tahunan berjualan mageli, kita membuka warung dari pagi hingga malam,” ucapnya, saat ditemui Jurnalis wartakota.net, Senin (1/6/20).

Proses pengolahan mageli.

Dalam sehari ungkap Nursiah, ia dapat membuat dan menjual puluhan kilo mageli. Hal ini dikarenakan mayoritas masyarakat Martapura masih menggemari mageli untuk dijadikan lauk makan.

“Harga satunya Rp500, biasanya pelanggan membeli mageli ini untuk lauk makan nasi, ketupat, lontong, bahkan hanya ngemil mageli,” ujarnya.

Nursiah menambahkan, bahan utama untuk membuat mageli adalah kacang kedelai yang sangat mudah ditemukan di kawasan Pasar Martapura.

“Saat ini harganya 20 ribu per kilo, selalu naik harganya. Tapi kita tidak ikut menaikan harga jual magelinya,” tuturnya.

Bagi Anda yang ingin mencicipi dan melihat langsung cara pembuatannya mageli olahan Nursiah, Anda dapat mengunjungi langsung warung kecilnya di Jalan Nilam, Pasayangan, Martapura.