SUKASUKA

Pesepeda Kian Marak, Dishub Banjarbaru Ajukan Kajian Lajur

Ilustrasi jalur sepeda. Foto - Pixabay

WARTAKOTA.NET – Di tengah pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) seperti saat ini, marak dijumpai masyarakat yang menjalani aktivitas olahraga bersepeda di banyak ruas jalan di Kota Banjarbaru. Olahraga ini menjadi tren di kalangan masyarakat.

Di sisi lain, tak jarang kita temukan pula beberapa goweser (sebutan bagi para penggemar olahraga bersepeda, pesepeda) yang kurang memperhatikan etika dan keselamatan dalam berlalu lintas, seperti berkerumun saat mengayuh sepeda sehingga memakan badan jalan (lebih dari satu baris dan menghalangi pengguna jalan lain untuk melintas) sampai menerobos lampu merah.

Tak pelak, hal tersebut dinilai mengganggu pengguna jalan lainnya. Bahkan, ada pula yang sampai menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Ilustrasi jalur sepeda. Foto – Pixabay

Hal tersebut menarik perhatian Anggota Komisi III DPRD Kota Banjarbaru, Nurkhalis Anshari yang mengungkapkan bahwa masih banyak pesepeda yang tidak memperhatikan keselamatan di jalan raya.

“Niat masyarakat untuk berolahraga, menerapkan pola hidup sehat, dan menjaga imun agar tetap stabil perlu kita apresiasi terlebih dahulu. Tapi yang perlu dicermati ketika melakukan kerumunan bersepeda, alangkah baiknya satu baris saja, jangan lebih dari itu,” ucap Nurkhalis, Selasa (28/7).

Ia meminta Dinas Perhubungan agar bisa menyelesaikan jalur khusus bagi pesepeda. Karena menurutnya, dengan adanya jalur pesepeda setidaknya dapat mengurangi kerumunan dalam bersepeda di jalan raya.

Nurkhalis Anshari. Foto – Tet

“Seperti di kawasan Bandara Internasional Syamsudin Noor yang sudah memiliki jalur khusus pengguna sepeda,” terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yannie Makkie melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Taufik Purwanto menyampaikan bahwa pihaknya akan mengajukan kajian terkait lajur sepeda pada tahun ini.

Jika tahun ini kajian lajur sepeda bisa diakomodir ungkap Taufik, maka kemungkinan besar pelaksanaan pembuatan lajur sepeda akan dilaksanakan pada tahun 2021.

Kabid LLAJ Dishub Banjarbaru, Taufik Purwanto. Foto – Tet

“Kepala dinas merencanakan kajian lajur sepeda akan dilakukan di sepanjang jalan Panglima Batur dan Balitan,” sebutnya. (tet/dm)

What do you think?

Lansia Ditemukan Tewas dalam Rumah

Operasi Patuh 2020, Pelanggaran Kasat Mata akan Ditindak