6 Literasi Dasar untuk Dukung Gerakan Literasi Masyarakat

WARTAKOTA.NET – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca (GIM), di room meeting salah satu hotel di Banjarbaru, baru baru tadi.

Panitia pelaksana kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca yang juga menjabat Kasi Dikmas Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Hj. Nurhilaliah menyampaikan bahwa dasar dari pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan  Gerakan Indonesia Membaca tahun 2020 ini adalah Peraturan Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1224/C6/HK/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Bantuan Pemerintah penyelenggaraan Gerakan Indonesia Membaca tahun 2020.

Masih kata Nurhilaliah, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat, untuk mendukung gerakan literasi masyarakat yang meliputi 6 literasi dasar yaitu: literasi baca tulis, literasi numeric, sains, literasi finasial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewarganegaraan.

“Serta mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan jumlah melek huruf,” ujar Nurhilaliah.

Ia menambahkan, kegiatan ini diadakan juga untuk tersosialisasinya Gerakan Literasi Masyarakat (GLM) dan memfasilitasi penyusunan rencana induk pengembangan literasi masyarakat tahun 2020-2024.

Peserta kegiatan Sosialisasi  Gerakan Indonesia Membaca adalag Camat, Lurah, TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) se Kota Banjarbaru, dengan narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, BP-PAUD & DIKMAS Prov Kalsel, Balai Bahasa Provinsi Kalsel dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru.

Adapun sasaran pelaksanaan Gerakan Indonesia Membaca adalah masyarakat (terutama remaja dan orang dewasa), para penggiat literasi, organisasi profesi/lembaga sosial dan kemasyarakatan serta dunia usaha/industri terkait. (*)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Penataan Ulang, Lapangan Dr Murjani Ingin Dijadikan Lapangan Percontohan

Sebarkan Berita Bohong, Oknum ASN Banjarbaru Ditangkap Polisi