Aksi Damkar Banjar Selamatkan Kucing

WARTAKOTA.NET – Proses penyelamatan seekor kucing yang tercebur di sumur tua yang berada di Jalan Sekumpul Raya, Komplek Bumi Kuripan Blok C Martapura, Senin (8/6/20) sekitar pukul 18.30 WITA, berlangsung menegangkan.

Kucing yang merupakan peliharaan warga tersebut tercebur ke dalam sumur dengan kedalaman sekitar delapan meter.

Suara meongan pilu kucing itu pun terdengar hingga ke pemukiman warga, sehingga membuat seorang warga yang iba, Endah, langsung melaporkan ke UPT Damkar Kabupaten Banjar.

Kejadian itu langsung ditangani oleh 7 orang anggota Damkar. Seorang anggota damkar turun ke dalam sumur untuk menyelamatkan si kucing.

Berbekal tali panjat, secara perlahan regu dua melakukan evakuasi menggunakan metode vertical rescue (refling) menggunakan rangkaian berbentuk A untuk turun ke dalam sumur.

Tak sampai 1 jam, kucing jenis lokal tersebut bisa dievakuasi dari dalam sumur, dan kemudian diserahkan ke warga untuk kembali dipelihara.

“Kalau tidak kita angkat khawatirnya kucingnya mati di dalam sumur mencemari air sumur. Pemilik kucing juga khawatir kucingnya mati karena masuk sumur,” ujar Kepala UPT Damkar Gusti Yudhi, saat dikonfirmasi wartakota.net, Selasa (9/6/2020).

Yudhi menyampaikan, aksi penyelamatan hewan tersebut sudah menjadi bagian dari tugas UPT Damkar.

Selain kucing masuk sumur, pihaknya juga sudah biasa menyelamatkan kucing yang masuk plafon.

“Bahkan kita juga pernah menyelematkan anjing yang mengamuk di pasar lantaran lehernya tercekik oleh kalung rantai besi majikannya, tapi itu kita bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Perkebunan,” jelasnya.

Yudhi menambahkan, jika hewan yang diselamatkan merupakan hewan liar, maka akan dikembalikan ke alam, yakni ke hutan.

“Sedangkan jika merupakan hewan peliharaan maka akan diserahkan ke pemiliknya,” tutupnya. (sai)