Aktivitas di Kawasan Lapangan Dr. Murjani Akan Ditata Ulang

WARTAKOTA.NET – Pemerintah Kota Banjarbaru terus berupaya dan berbenah untuk melandaikan kasus Covid-19 di kota berjuluk Kota Idaman ini. Salah satunya dengan menata ulang kawasan wisata Lapangan Dr. Murjani yang memang selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap harinya, terutama di hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu.

Aktivitas yang akan ditata ulang mulai dari aktivitas pedagang kaki lima (PKL), wahana permainan atau hiburan, arus lalu lintas, hingga perparkiran.

Beberapa waktu lalu, Pjs Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu memberi mandat atau perintah kepada sejumlah SKPD terkait agar kawasan di sekitaran Lapangan Dr. Murjani ditata ulang. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru segera menggelar rapat koordinas (Rakor) terkait rekayasa perparkiran di seputaran kawasan Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru, sebagai upaya untuk mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Rakor ini dipimpin langsung oleh Kepala Dishub Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie dan turut dihadiri Sekretaris Dishub Kota Banjarbaru Ahmad Syarief Nizami, Kepala UPT. Pengelolaan Perparkiran Edy Mardiansyah beserta stafnya, serta pengelola parkir di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru, Rahmat dan Supianoor.

Pjs Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu memberikan imbauan kepada pemilik wahana hiburan di Lapangan Dr. Murjani terkait Prokes Covid-19. Foto – Humas Dishub Bjb

Kepala Dishub Kota Banjarbaru Ahmad Yani Makkie melalui Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Taufik Purwanto menyampaikan, dalam Rakor tersebut, pengelola parkir di Lapangan Dr. Murjani diminta untuk merekayasa ulang kegiatan perparkiran agar dipindahkan sesuai dengan hasil rapat.

“Untuk roda dua dimasukkan ke dalam ruas jalan kecil atau kantong-kantong parkir yang ada di sekitar Lapangan Murjani. Sedangkan roda empat dikonsentrasikan ke dalam lapangan aspal, yang diatur keluar masuknya di depan Balai Kota Banjarbaru secara satu pintu,” terang Taufik.

Sementara itu tambah Taufik, untuk wahana permainan atau wahana hiburan seperti mobil listrik yang sebelumnya berada di dalam lapangan aspal, akan dipindahkan ke jalur luar seputaran (mengelilingi) Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru. Selama disewa oleh pengunjung dan beroperasi, wahana hiburan mobil listrik ini tetap akan diatur dan diawasi oleh petugas UPT. Pengelolaan Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru.

Aktivitas pedagang dan pengunjung di Lapangan Dr. Murjani juga turut diberikan imbauan. Foto – Humas Dishub Bjb

“Kalau untuk wahana permainan jenis roda dua masih tetap dibolehkan beroperasi di dalam Lapangan aspal Dr. Murjani. Tapi nantinya akan diberi pembatas antara lokasi parkir mobil dengan arena wahana permainan anak-anak roda dua itu,” jelasnya.

Meskipun demikian, Taufik mengaku penataan ulang di sekitaran kawasan Lapangan Dr. Murjani ini masih berlaku sementara. Ke depannya akan selalu dilakukan evaluasi.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang berkunjung agar bisa mematuhi arahan petugas di lapangan untuk kenyamanan kita semua, sambil jalan ke depan akan kita evaluasi kembali,” tutupnya. (tim)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Bupati Banjar Ikuti Rapat Pembahasan Omnibus Law Bersama Menteri

Pengurus Muhammadiyah Banjarmasin Dukung Haris – Ilham