Ayam Melambung Tinggi

WARTAKOTA.NET – Menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah tahun 2020, harga sejumlah bahan pokok di pasar kini mulai mengalami kenaikan yang signifikan.

Salah satunya adalah ayam potong, yang kini harganya telah mencapai angka Rp65 ribu – Rp70 ribu per ekornya.

Kenaikan harga ayam potong ini jelas sangat memberatkan masyarakat, terlebih di tengah perekonomian yang masih belum stabil di masa pandemi Covid-19 ini

“Becari (mencari uang) sudah sulit, ditambah harga ayam potong naik. Tambah pusing kita mengatur keuangan rumah tangga,” ujar Halimah, salah seorang pembeli.

Salah seorang pedagang ayam potong, Kastani mengatakan, naiknya harga ayam potong ini dikarenakan stok yang terbatas.

Biasanya diberi jatah 500 ekor tiap kali datang ungkap Kastani, kini hanya 100 ekor ayam saja.

“Biasanya saya dalam sehari memotong ayam 50 ekor per hari, hari ini cuma 12 ekor. Itupun sampai maghrib baru habis menjualnya,” ucap Kastani, Kamis (2/7/20).

Ditambahkannya, kenaikan harga ayam potong menjelang idul adha tahun ini sangat berbeda ketimbang tahun kemarin.

“Tahun ini sangat banyak naiknya, tahun kemarin paling tinggi 30 ribu per ekornya,” bebernya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar Dondit Bekti menyampaikan, untuk ketersediaan ayam potong di Kabupaten Banjar sudah 100 persen menggunakan kemitraan. Di Kabupaten Banjar ada 9 Plasma.

“Tentunya kita sudah melakukan upaya-upaya, kami prediksi minggu ketiga atau awal Agustus ini harga ayam potong sudah pulih, dan ketersediaan sudah Kembali normal,” katanya.

Masih kata Dodit, untuk kebutuhan ayam potong di Kabupaten Banjar mencapai 900 ekor per hari, 60 persen diserap oleh pedagang, dan 30 persen adalah konsumen atau masyarakat.

“Dalam 3 minggu terakhir perusahaan ayam potong telah kembali mengisi plasma, guna pemulihan ketersediaan,” pungkasnya. (sai)

What do you think?

Harga Naik, Sepeda Tetap Diburu

Lanud Sjamsudin Noor Salurkan APD ke RSUD Ratu Zalecha