Bantuan Ikan Segar Disalurkan Bertahap

WARTAKOTA.NET – Selain membagikan bahan pangan berupa sembako, Pemerintah Kabupaten Banjar juga membagikan ikan segar kepada warga yang terdampak Covid-19 dan di kecamatan tempat tinggalnya diterapkan PSBB.

Enam kecamatan yang diterapkan PSBB yakni Kecamatan Tatah Makmur, Kecamatan Martapura Timur, Kecamatan Martapura, Kecamatan Gambut, Kecamatan Kertak Hanyar, dan Kecamatan Sungai Tabuk.

Namun hingga kini, baru sebagian kecamatan yang mendapatkan bantuan ikan segar itu. Terpantau baru Kecamatan Martapura Timur dan Martapura yang mendapatkan pasokan ikan segar.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar, Riza Dauly kepada wartakota.net Senin (18/5/20) menyampaikan, target pembagian/penyaluran bantuan ikan segar sebelum lebaran baru di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Tatah Makmur, Kecamatan Martapura Timur, Kecamatan Martapura, dan Kecamatan Gambut.

Sedangkan dua kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Sungai Tabuk dan Kecamatan Kertak Hanyar akan dibagikan setelah lebaran (hari raya idul fitri 1441 H).

“Kita pembagiannya bertahap, tidak langsung semua kecamatan,” ujarnya.

Total paket yang disiapkan terangnya juga sama, yakni 30.100 paket dengan isi paket sekitar satu kilogram ikan.

Ikan yang dibagikan berupa ikan patin dan nila. Ikan ini diambil dari pembudidaya ikan di Kabupaten Banjar. Total berat ikan yang dibagikan sekitar 30 ton ikan.

“Per paket untuk ikan patin satu ekor, kalau nila dari tiga hingga lima ekor,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya pembagian ikan ini dapat membuat masyarakat mejadi lebih sehat.

“Karena ikan sendiri mengandung banyak protein,” tutupnya.