Begini Protokol Kesehatan Idul Adha Di Tengah Pandemi Covid-19

WARTAKOTA.NET – Pelaksanaan salat idul adha 1441 hijriyah tahun 2020 ini akan berbeda dari tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan masih mewabahnya virus corona di wilayah Kabupaten Banjar.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar, Najwan Noor menyampaikan, pihaknya telah menerima surat edaran dari Kementerian Agama RI Nomor 18 tahun 2020 tentang penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tahun 1441 Hijriyah.

Masih kata Najwan, masa tatanan baru atau new normal atau juga saat masa transisi menuju new normal, perlu dilakukan pengaturan terhadap pelaksaan kegiatan salat idul adha dan penyembelihan hewan kurban.

Hal tersebut agar menyesuaikan penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan penyebaran Covid-19.

“Penerapan protokol kesehatan ini diharapkan, pelaksanaan salat idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berlangsung aman sesuai tuntunan agama Islam, sekaligus meminimalisir resiko penyebarluasan virus corona, akibat terjadinya kerumunan dalam satu lokasi penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan secara gotong-royong oleh masyarakat,” ujarnya.

Najwan menuturkan, yang perlu menjadi perhatian dalam pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di masa pandemi ini yaitu, tempat penyelenggaraan kegiatan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan di semua daerah dengan memperhatikan protokol Kesehatan, dan telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Intinya para petugas atau panitia kurban, harus meminimalisir terjadinya penumpukan orang. Entah itu pada saat memotong, dan pembagian daging kurban nanti, begitu juga dengan pelaksanaan salat Idul adha, agar mematuhi protokol kesehatan,” katanya. (sai)

What do you think?

20 Tahun Geluti Dunia Tarik Suara

Sempat Dirumahkan, Ratusan Karyawan Swasta Kembali Masuk Kerja