Belajar Nilai-nilai Kemanusiaan ala PMII Rayon Pertanian Komisariat Universitas Achmad Yani

WARTAKOTA.NET – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Pertanian Komisariat Universitas Achmad Yani (UVAYA) Banjarmasin, menggelar kegiatan pengkaderan nonformal di Jalan Kemuning Kota Banjarbaru, Jum’at (23/10/20).

Ketua PMII Rayon Pertanian Komisariat Universitas Achmad Yani Banjarmasin Cabang Banjarbaru, Fadhil Noufal Luqman menyampaikan, kegiatan yang mereka adakan ini berkaitan dengan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.

“Kami turun ke lapangan untuk saling berbagi kepada orang tidak mampu di jalan-jalan pinggiran Kota Banjarbaru. Di sini kami membagikan makanan dan minuman untuk mereka sarapan,” ujar Fadhil.

Mahasiswi UVAYA bersosialisasi dengan warga kurang mampu. Foto – Istimewa

Tak hanya membagikan makanan dan minuman untuk sarapan, tujuan mahasiswa yang tergabung dalam PMII Rayon Pertanian Komisariat Universitas Achmad Yani (UVAYA) Banjarmasin ini turun ke lapangan adalah untuk bersosialisasi dan berdiskusi bersama orang-orang yang kehidupannya masih bergantung di jalanan. Hal ini mereka lakukan untuk mengetahui kehidupan sosial ekonomi orang-orang yang kurang mampu itu.

“Dari kegiatan ini kami menemukan banyak pengemis, pemulung, dan tukang jualan (loper) koran dari tingkatan usia muda sampai tua. Bahkan ada yang masih di bawah umur (belum masuk usia kerja),” ungkapnya.

Foto – Istimewa

Fadhil mengaku, ia dan teman-temannya sesama anggota PMII Rayon Pertanian Komisariat Universitas Achmad Yani (UVAYA) Banjarmasin, mendapatkan banyak pelajaran dari kegiatan sosial kemanusiaan yang mereka lakukan.

“Selain untuk melatih Kader untuk public speaking dan bersosialisasi tentang kemanusiaan, kegiatan ini juga membuat kita belajar dalam segi moral, yaitu menuntut kita untuk selalu berbuat dalam kebaikan,” tuturnya.

Fadhil menambahkan, sebagai kaum intelektual harus mempunyai hati nurani dan rasa empati terhadap sesama manusia. Oleh karena itu, dirinya selalu menanamkan kepada kader tentang bagaimana cara memanusiakan manusia.

Usai kegiatan, anggota PMII Rayon Pertanian Komisariat Universitas Achmad Yani Banjarmasin Cabang Banjarbaru mengadakan diskusi dan evaluasi. Foto – Istimewa

“Kegiatan positif seperti ini tentunya sangat bermakna untuk keberlangsungan generasi muda penerus bangsa. Selain bermanfaat buat masyarakat, kegiatan seperti ini akan menyadarkan kita sebagai manusia untuk selalu melakukan kebaikan,” demikian Fadhil. (*)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Haris – Ilham Hadirkan 10 Ribu Rumah Djoeang

Bawaslu Banjarbaru Hadirkan Narasumber Ahli