BPBD Minta Masyarakat Waspada

WARTAKOTA.NET – Meski saat ini tengah memasuki perpindahan musim dari musim kemarau ke musim penghujan, namun hingga kini Kabupaten Banjar masih berstatus siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) hingga 30 November mendatang.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Irwan Kumar saat dihubungi wartakota.net via seluler, Jum’at (6/11/20).

Dijelaskannya, BPBD selalu siap dalam menghadapi pergantian musim. Dalam menghadapi musim penghujan, pihaknya sudah melakukan persiapan seperti alat dan logistik yang diperlukan.

“Karena siklus cuaca kemarau tapi tiba-tiba hujan, dan angin kencang, kita siap semua, peralatan dan logistik sudah siap Jika terjadi bencana kita dapat melakukan penanganan dengan sigap,” ucapnya.

Irwan Kumar juga menuturkan, hingga kini untuk debit air di Sungai Martapura memang mengalami peninggian dikarenakan intensitas hujan yang sering terjadi, namun untuk debit air di waduk riam kanan saat ini masih dalam status aman. Terpantau ketinggiannya diangka 57,80 meter.

“Kami minta masyarakat waspada, karna saat ini cuaca sering hujan dan disertai angin kencang. Dan beberapa tempat sudah ada pohon roboh yang mengenai rumah, di wilayah Rantau Bujur dan Aranio, sedangkan di wilayah Mataraman ada kejadian tanah longsor yang menyeret satu rumah warga,” ungkapnya.

Ditambahkan Kumar, pihaknya selalu melihat perkembangan dan selalu waspada dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, anging puting beliung, bahkan Karhutla.

“Yang jelas kita selalu siap, dan untuk dampak El Nina di wilayah kita ini angin kencang, yang menyebabkan pohon tumbang mengenai rumah. Dan nanti setelah habis masa siaga Karhutla, kita akan langsung rapat untuk menentukan status siaga banjir,” pungkasnya. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Bernhard: Satpol PP Harus Paham SOP Prokes

KPU Banjar Geser Jadwal Debat Paslon