Bunda PAUD Ingatkan Protokol Kesehatan

Para Orang Tua Diminta Daftarkan Anak Agar Tercatat dalam Dapodik

WARTAKOTA.NET – Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Provinsi, Kabupaten, Kota, Kecamatan serta Ketua PW, PD, PC, diminta membuat “Gerakan Keluarga Mendaftarkan Anak ke PAUD”.

Hal tersebut sehubungan dengan kondisi Covid-19, dimana proses pembelajaran Anak Usia Dini saat ini dilakukan di rumah.

Demikian beberapa hal yang disampaikan Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Raudhatul Jannah Sahbirin Noor dan Ketua Umum HIMPAUDI Pusat, Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, saat melakukan video conference bersama Bunda PAUD Kota Banjarbaru, Hj. Ririen Kartika Nadjmi Adhani, Jum’at (10/7/20).

Bunda PAUD Kota Banjarbaru, Hj. Ririen Kartika Nadjmi Adhani. Foto – Upik Hms Bjb

Bukan tanpa alasan Gerakan Keluarga Mendaftarkan Anak ke PAUD ini dilakukan. Pasalnya, hal ini dilakukan agar anak tercatat dalam Dapodik (Data Pokok Pendidik) Kemdikbud.

Bunda PAUD Kota Banjarbaru, Hj. Ririen Kartika Nadjmi Adhani menyampaikan, sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, tetap membuka peluang kepada orang tua murid yang memiliki anak-anak usia dini, untuk tetap mendaftarkan anak-anaknya sekolah di PAUD terdekat dengan lokasi rumah tempat tinggalnya.

“Walaupun dengan protokol Covid, datang ke sekolah tetap dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, serta harus ada hand sanitizer di sekolah-sekolahnya,” terang Ririen.

Ririen Nadjmi Adhani berharap agar orang tua murid tidak membawa anak-anaknya saat mendaftar sekolah. Hal ini dikarenakan pendaftaran juga bisa dilakukan secara daring (online).

Sekadar diketahui, pembelajaran dari rumah (PAUD From Home) tetap mendapat bimbingan dan pengarahan dari guru sekolahnya masing-masing.

Walaupun pembelajarannya dilaksanakan oleh orang tua di rumah, namun kurikulum, perencanaan, dan penilaiannya tetap dilakukan oleh guru di sekolah.

Guru menjadi konsultan keluarga dalam melaksanakan PAUD From Home.

Selain itu, anak akan dikawal pemerintah melalui stimulasi, gizi, kesehatan, dan upaya pencegahan stunting di PAUD jika terdaftar sebagai siswa. (upk/tet/dm)

Siswo: Kami Tidak Asal-Asalan Membangun Rumah Warga

Gelar Dialog, Nadjmi Ungkap ‘Kunci’ Menuju New Normal