Dewan Kritik Penggunaan Mobil Dinas Untuk Pribadi

Kadishub Banjar Aspihani : Itu Kecelakaan Ringan

Kadishub Banjar nilai kecelakaan yang melibatkan mobil dinas ini hanya kecelakaan ringan. Foto - Istimewa

WARTAKOTA.NET – Insiden kecelakaan lalu lintas yang melibatkan satu unit mobil jenis mini bus bernomor polisi DA 301 BB, yang diduga ditumpangi Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, ditanggapi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar, Muhammad Rofiqi.

Rofiqi mengatakan, dari informasi yang beredar, mobil dinas yang mengalami kecelakaan lalu lintas itu diduga digunakan oleh orang yang seharusnya tidak boleh menggunakan mobil dinas tersebut.

“Inikan sudah menjadi darah daging, kalau mobil dinas digunakan oleh keluarga pejabat, keperluan pribadi dan lain sebagainya. Kalau menurut saya ini jangan diulangi,” ujar Rofiqi, Senin (13/7/20).

Ketua DPRD Kabupaten Banjar, M. Rofiqi. Foto – Sai

Menurut Rofiqi, dalam hal tata negara ketika barang yang milik negara dimanfaatkan untuk keperluan pribadi, sudah masuk penyalahgunaan wewenang.

“Dan tidak boleh dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN),” ucapnya.

Rofiqi juga menuturkan, dengan adanya insiden kecelakaan lalu lintas ini, biaya perbaikan mobil itu tidak dibebankan kepada negara. Pasalnya mobil tersebut digunakan bukan untuk kepentingan negara.

“Jadi tanda kutip dong ini, masa uang negara membiayai untuk kepentingan pribadi. Ini yang saya sebut Kejahatan luar biasa (extraordinary crime), karena korupsi itu masuk dari semua sendi kehidupan. Inspektorat harusnya turun ini untuk menindaklanjuti ini,” katanya.

Selain itu Rofiqi juga berpesan secara umum kepada para ASN, agar jangan sampai hal pribadi dengan pekerjaan dicampur-adukkan.

“Nanti tidak kelihatan apa yang menjadi tujuan untuk mengabdi kepada negara ini,” tukasnya.

Kadishub Banjar nilai kecelakaan yang melibatkan mobil dinas ini hanya kecelakaan ringan. Foto – Istimewa

Kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi pada Minggu (12/7/20) kemarin di wilayah Kabupaten Tapin.

Mobil berplat merah tersebut menabrak sebuah pohon di pinggir jalan dan sebagian badan mobil masuk ke dalam parit. Bagian depan mobil pun lantas mengalami kerusakan yang lumayan parah.

Namun, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Aspihani saat dihubungi via seluler menyebut, kecelakaan tersebut hanya kecelakaan ringan.

“Infonya kecelakaan ringan, mudah-mudahan sehat dan berjalan lancar, info detailnya belum diterima,” ucapnya singkat. (sai)

What do you think?

Sekda Benarkan Mobil Sekretaris Dishub Banjar Alami Kecelakaan

FAJI Kalsel Distribusikan APD