Dishub Banjarbaru Sudah ‘Action’ Tata Ulang Lapangan Dr. Murjani

WARTAKOTA.NET – Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru sudah melakukan aksi nyata untuk menata ulang kawasan Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru, baik di bagian luar maupun di bagian dalam lapangannya.

Seperti yang terlihat pada Jum’at malam (16/10/20), Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru menurunkan ‘full team’ personilnya untuk menata ulang perparkiran dan arus lalu lintas di salah satu destinasi wisata ikonik Kota Banjarbaru ini.

Personil Dishub Banjarbaru berkeliling untuk melakukan pengawasan. Foto – Humas Dishub Bjb

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie pun ikut terjun ke lapangan untuk memantau langsung pelaksanaan kegiatan penataan ulang kawasan Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru.

Kepada Jurnalis Wartakota.net, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Ahmad Yani Makkie menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan penataan dan pengawasan, khususnya kepada para juru parkir dan para pengelola perparkiran di Lapangan Dr. Murjani.

“Dulunya parkir kendaraan roda dua berada di badan jalan utama. Tapi saat ini kami tidak mengizinkan lagi parkir kendaraan roda dua di situ. Jadi lokasi parkir kini kami alihkan ke dalam ruas-ruas jalan kecil atau kantong-kantong parkir yang ada di sekitar Lapangan Dr. Murjani. Ini dilakukan untuk memecah kerumunan,” terang Yani Makkie seraya menambahkan bahwa untuk lokasi parkir kendaraan roda empat, dialihkan dan difokuskan ke dalam Lapangan Dr. Murjani yang beraspal.

Badan jalan Lapangan Dr. Murjani terlihat lengang setelah lokasi parkir roda dua dipindahkan ke kantong-kantong parkir yang ada di sekitar lapangan. Foto – Humas Dishub Bjb

Sementara itu, untuk wahana permainan roda empat seperti mobil listrik (odong-odong) yang awalnya beroperasi di dalam Lapangan aspal, kini dialihkan ke luar lapangan aspal dan menggunakan badan jalan utama di sekeliling Lapangan Dr. Murjani.

“Jadi para pemilik wahana permainan roda empat itu stay di sana mencari penumpang. Kemudian pengunjung yang menyewa wahana itu bisa berkeliling Lapangan Murjani tanpa harus terganggu dengan adanya parkir-parkir di badan jalan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk wahana permainan roda dua dan sebagainya kata Yani Makkie, masih tetap diperbolehkan beroperasi di dalam Lapangan Dr. Murjani yang beraspal. “Jadi antara lokasi parkir kendaraan roda empat dengan arena wahana permainan roda dua itu kami beri pembatas. Kami sesuaikan luasannya,” jelasnya.

Parkir kendaraan roda empat berbagi tempat dengan wahana permainan roda dua di dalam Lapangan Dr. Murjani. Foto – Humas Dishub Bjb

Lebih lanjut Yani Makkie menjelaskan, para pedagang kaki lima (PKL) yang tergabung dalam Forum Pedagang Kaki Lima Murjani (Forkamu) juga tak luput dari kegiatan penataan ulang ini. Dari susunan kursi sampai jarak antar meja dan pengunjung diatur sedemikian rupa dalam rangka penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Mulai malam ini, kami akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Apabila ada kekurangan akan kita perbaiki. Kita lihat malam ini sudah bagus, sudah terlihat lancar, tidak ada lagi parkir di sisi-sisi badan jalan,” ujarnya.

Kegiatan penataan ulang perparkiran dan arus lalu lintas untuk memecah kerumunan di kawasan Lapangan Dr. Murjani ini menurut Yani Makkie, merupakan salah satu bentuk upaya dari Pemerintah Kota Banjarbaru untuk melandaikan kasus Covid-19 di Kota Banjarbaru, sebagaimana yang diharapkan oleh Pjs WaliKota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu beberapa waktu lalu.

“Silakan saja bagi masyarakat yang ingin bersantai atau berbelanja ke Lapangan Murjani, kita tidak melarang, kita hanya ingin memecah kerumunan saja dalam rangka penerapan protokol kesehatan Covid-19,” demikian Yani Makkie. (tim)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Haris – Ilham Ingin Kembangkan ORARI

Masa Pendaftaran Pengawas TPS Diperpanjang