H+2 Libur Panjang, Arus Lalu Lintas di Banjarbaru Terpantau Normal

WARTAKOTA.NET – Hari libur, terutama saat libur panjang dan cuti bersama seperti saat ini biasanya dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat untuk mengunjungi destinasi wisata. Khusus di Kota Banjarbaru, salah satu destinasi wisata favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah kawasan wisata ikonik, yakni Lapangan Dr. Murjani.

Nah, di H+2 libur panjang dan cuti bersama ini (tanggal 28 – 29 Oktober 2020), kondisi arus lalu lintas di sekitaran Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru terpantau normal dan lancar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie kepada Jurnalis Wartakota.net, Kamis (29/10/20).

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu memantau kondisi Lapangan Dr. Murjani, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie. Foto – Istimewa

Yani Makkie mengatakan, dalam pantauan pihaknya selama 2 hari ini sejak kawasan Lapangan Dr. Murjani ditata ulang, kawasan di sekitaran Lapangan Dr. Murjani kini lebih nyaman, aman, dan teratur (tertata rapi).

Bahkan menurutnya, masyarakat juga sudah mulai merasakan kenyamanan itu saat mereka berlalu lalang di kawasan Lapangan Dr. Murjani, lantaran tidak ada lagi parkir kendaraan roda 2 dan 4 di bahu jalan. Lokasi parkir roda 2 dialihkan ke kantong-kantong parkir yang ada di sekitaran lapangan, sedangkan parkir roda 4 dialihkan ke dalam lapangan aspal Lapangan Dr. Murjani.

“Petugas kita di lapangan juga terus kita minta untuk tetap mengimbau kepada pengunjung, untuk tetap menomor satukan protokol kesehatan ketika berada di kawasan (Lapangan) Murjani,” ujar Yani Makkie.

Pjs Wali Kota Banjarbaru memberikan semangat dan dukungan kepada personil Dishub Banjarbaru yang bertugas di lapangan. Foto – Istimewa

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu juga turut memantau langsung ke lapangan sekaligus memberikan dukungan dan berpesan kepada para pengunjung dan personil Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru yang bertugas, agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama libur panjang ini.

“Saya berpesan, poin terpenting dalam melandaikan kasus Covid-19 adalah pastikan protokol kesehatan berjalan, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan,” pesan Bernhard.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Taufik Purwanto menyampaikan, berdasarkan pantauannya di sepanjang Jalan A. Yani dari Bundaran Liang Anggang sampai Bundaran Simpang Empat Banjarbaru, Kamis (29/10/20), kondisi arus lalu lintas masih terpantau ramai lancar.

Kondisi arus lalu lintas di Jalan A Yani Banjarbaru terpantau ramai lancar. Foto – Istimewa

“Tidak ada kemacetan berarti, yang ada cuma penundaan kendaraan bermotor di sejumlah titik U-Turn tertentu karena pengendara ingin putar balik arah. Selebihnya ramai lancar saja,” terang Taufik.

Taufik menambahkan, titik-titik U-Turn yang dinilai rawan terjadinya pelanggaran rambu lalu lintas atau kecelakaan lalu lintas (lakalantas) diantaranya, U-Turn depan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Mekatani, U-Turn depan Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin (Banjarbaru), dan U-Turn dekat Jalan Sapta Marga.

“Kepada pengguna jalan atau pengendara kami minta untuk selalu waspada dan hati-hati. Ke depannya akan diusulkan rekayasa ulang ke Balai Jalan Nasional, apakah U-Turn di lokasi yang disebutkan tadi tetap dibuka atau ditutup untuk mengurangi kemacetan atau lakalantas,” ungkapnya.

Kemudian, saat ditanya, apakah U-Turn di depan Polsek Banjarbaru Kota juga rawan lakalantas? Taufik menjawab bahwa di lokasi U-Turn itu cenderung terjadi ketidaktertiban pengendara, khususnya pengendara roda dua, sehingga sering terjadi pelanggaran rambu-rambu lalu lintas.

U-Turn di depan Asrama Haji dinilai rawan terjadi lakalantas. Foto – Istimewa

Padahal sebut Taufik, sebagian jalan di U-Turn depan Polsek Banjarbaru Kota sudah ditutup dengan water barrier, agar pengendara dari arah Banjarmasin tidak putar balik di sana (tidak melanggar rambu dilarang putar balik).

“Tapi masih banyak yang tidak tertib lalu lintas. Kami mengimbau kepada para pengendara untuk menggunakan lokasi U-Turn yang telah ditentukan, jangan melanggar rambu dilarang putar balik. Ini demi keselamatan kita bersama,” pungkasnya. (tim)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Buka Rakercab IWAPI, Bernhard : Manfaatkan Teknologi, Gunakan Aplikasi

Jelang Debat, Haris – Ilham Siapkan Program Unggulan