Haris – Ilham Ingin Bangkitkan Wisata Berbasis Sungai

WARTAKOTA.NET – Alunan musik khas budaya Banjar, mengiringi kedatangan pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie – Ilham Nor di Kampung Biru Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Rabu (16/9/20). Warga setempat pun menyambutnya dengan antusias.

Tak lama sesampainya di Kampung Biru, pasangan yang mengusung jargon “Banjarmasin Bangkit (Kebanggaan Kita)” ini langsung dijamu gurihnya kuliner Soto Banjar, serta dingin dan segarnya es teh manis di Warung Apung.

Warung Apung ini didesain khusus seperti tempat makan lesehan pada umumnya. Hanya saja, warung ini dibangun agar bisa mengapung di atas Sungai Martapura. Tentu saja, sensasi makan di atas Warung Apung inipun berbeda dari warung yang berada di daratan.

Haris – Ilham bersama warga makan di Warung Apung Kampung Biru. Foto – Ist

Potensi wisata kuliner seperti inilah yang hendak disempurnakan oleh pasangan Haris – Ilham. Karena menurut Haris, Warung Apung ini adalah aset wisata potensial yang dimiliki Kampung Biru.

“Tentu kalau ini kita kembangkan secara terencana dengan baik dan terkoordinasi dengan baik, kemudian dikelola dengan baik, ini akan menjadi potensi pariwisata luar biasa. Di daerah lain mungkin sulit mencari tempat makan di atas air secara terapung,” terang Haris.

Di samping itu kata Haris, ia bersama dengan Ilham ingin membangkitkan dan menata kehidupan perekonomian warga di Kampung Biru agar bisa berputar pada porosnya.

”Kita juga akan membangun dermaga di sini, sehingga kehidupan ekonomi masyarakat yang beroperasi di transportasi air juga bisa hidup,” tambah Haris.

Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie – Ilham Nor. Foto – Ist

Selain itu, Haris – Ilham juga ingin menghidupkan wisata berbasis sungai untuk membangun image (citra) Banjarmasin. Hal ini dilakukan agar Kota Banjarmasin mempunyai ciri khas sendiri.

Tidak hanya itu, di Kampung Biru ini juga ada pengrajin sasirangan, pengrajin sabun cuci piring dan pakaian dari bahan minyak jelantah atau minyak lanjar. Namun potensi ekonomi kreatif seperti ini belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Hal ini juga menjadi perhatian bagi Haris-Ilham.

“Saya sudah tanya belum ada bimbingan atau pembinaan dari Kemendag. Kreativitas masyarakat seperti ini harus dapat perhatian. Oleh karena itu, tentu ini menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan bimbingan,” pungkas Haris.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ilham Nor menambahkan akan menata konsep wisata berbasis sungai itu serapi mungkin, baik itu dari segi desain yang bercirikan khas Banjarmasin, maupun keamanan para pengunjung.

“Kita akan bikin sentra kuliner apung, kita tata, kita kemas, sehingga ini menarik wisatawan dan konsumen. Untuk di dermaga itu kita siapkan perahu perahu sekitar sini sebagai tambahan penghasilan mereka, sehingga kehidupan ekonomi masyarakat disini bisa hidup dan berputar,” jelas Ilham. (tet)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Terpeleset, Tubuh Margatony Akhirnya Ditemukan Mengapung

APBD Perubahan TA 2020 Disetujui