Jamaah Paksa Masuk Masjid, Aparat Tak Ada Bantu Menjaga

WARTAKOTA.NET – Penetapan tentang peniadaan Salat Jum’at untuk sementara waktu, guna mencegah penyebar Covid-19 di Kabupaten Banjar tak berjalan sesuai harapan. Dalam penerapannya ternyata masih ada warga yang menentang, dan memaksa masuk masjid untuk melakukan salat, meski masjid sudah ditutup rapat.

Meski panitia masjid-masjid sepakat mengikuti aturan pemerintah, namun desakan masayarakat untuk tetap melaksanakan ibadah Salat Jum’at tak dapat dibendung. Bahkan ada saja yang sampai bersitegang dengan aparat masjid dan penjaga, Jumat (10/4).

Salah satunya di Masjid Syi’arul Islam, Desa Pekauman Dalam, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar. Meski panitia dan dan masyarakat setempat bersikukuh untuk menutup sementara masjid, namun warga luar yang ingin melaksanakan jumatan bersikeras agar dapat diizinkan masuk.

“Selain mengikuti imbauan pemerintah, kita juga menjaga desa kami, agar hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena kita tidak tau warga luar yang datang itu sehat atau tidak. Bukan kita sangka buruk, tapi kita memilih waspada,” ucap salah satu warga yang ikut berjaga di depan Desa Pekauman Dalam.

Namun, meski warga luar yng ingin melaksanakan bersikeras, pihak aparat masjid dan masyarakat setempat tetap pada pendirian, yakni meniadakan sementara waktu salat jumat.

“Ini cuma sementara, kita juga tidak ingin seperti ini. Bahkan kami terus sabar, meski dicaci maki oleh mereka,” katanya.

Namun sangat disayangkan, saat masyarakat Desa Pekauman Dalam sepakat untuk mengikuti arahan pemerintah, pada saat melakukan penjagaan di depan desa tidak dibantu sama parat berwajib.

“Setidaknya jika ada petugas kepolisian atau TNI bisa ikut membantu, kita pasti akan lebih tenang berjaganya,” tutupnya.

Hal yang sama juga terjadi di Masjid Agung Al Karomah Martapura, dimana aparat keamanan tidak dapat membendung para jamaah yang ingin melaksankaan ibadah Salat Jumat. Bahkan video yang memperlihatkan jamaah memaksa masuk tersebuar luas di media sosial.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Ditendang Korban, Begal Tertangkap Warga

Tak Terbendung, Akhirnya Salat Jumat Berjalan Seperti Biasanya di Masjid Agung Al Karomah.