Jelang Pilkada 2020, Ini Tahapan Menuju Pencalonan Kepala Daerah

WARTAKOTA.NET – Setelah tahapan perbaikan berkas dukungan untuk para calon yang maju melalui jalur perorangan, kini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Banjar melakukan persiapan untuk tahap verifikasi faktual tahap kedua.

Sampai hari ini, untuk pasangan perseorangan, Andin – Guru Oton, sudah masuk tahap verifikasi administrasi.

Jika tahapan administrasi ini lolos, maka akan masuk tahapan selanjutnya, yaitu verifikasi faktual.

Selanjutnya, jika tahapan verifikasi faktual itu lolos lagi, maka mereka bisa mendaftar ke tahap pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Banjar bersama dengan pendaftaran calon lainnya lewat partai.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner KPUD Kabupaten Banjar, Abdul Karim, saat ditemui Jurnalis Wartakota.net di kantornya, Kamis (30/7/20).

Dia menjelaskan bahwa proses verifikasi akan dimulai pada bulan Agustus ini.

“Sampai verifikasi perseorangan selesai, hari ini masih Permen terhadap perbaikan dukungan perseorangan, dan dilanjutkan dengan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati baik lewat perseorangan maupun partai dan dilanjutkan dengan kampanye, dan pemilihan pada tanggal 9 Desember akan datang,” terang Abdul Karim.

Masih kata Abdul Karim, setelah tahap pemilihan, masih ada satu lagi tahapan yang harus dilalui, yaitu penyelesaian masalah jika terjadi sengketa di pemilihan kepala daerah nantinya.

“Setelah selesai sengketa kalau ada diteruskan dengan penetapan pemenang Pilkada,” ucapnya. (sai)

What do you think?

Kejari Banjar Musnahkan Barbuk

Dispersip Banjar Bina Perpustakaan Desa