Jembatan Penghubung Rusak, PUPR Turun Tangan

WARTAKOTA.NET – Kondisi jembatan Desa Layap Baru, Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar sangat memprihatinkan. Bahkan kondisi jembatan tersebut belakangan viral di media sosial.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar Solhan menuturkan, pihaknya telah melakukan survei ke lapangan.

Masih kata Solhan, jembatan tersebut dibangun pada tahun 2001 lalu, oleh Dinas Sosial dengan menggunakan dana CERD.

“Bentangnya 36 Meter, kalau kondisi saat sekarang untuk pembangunan jembatan bentang 36 meter itu memerlukan dana kira-kira dua milyar lebih. Nah untuk kondisi keuangan dana daerah saat ini tidak memungkinkan untuk membangun,” ucapnya, saat dikonfirmasi via seluler, Senin (4/5/20).

Jika dilakukan perbaikan sementara terang Solhan, pihaknya masih menunggu perhitungan keperluan dananya terlebih dahulu, lantaran yang melakukan survei masih belum datang untuk melakukan perhitungan atau perencanaannya.

“Ini tim survei masih di lapangan, jadi kalau di bawah angka tidak lelang mungkin bisa kita perbaiki, kemudian kita juga melihat alternatif lainnya yang memungkinkan dengan kondisi keuangan saat ini,” ujarnya.

Ditambahkan Solhan, pihaknya juga melihat aksesnya, apakah ada jembatan alternatif lain atau tidak di wilayah tersebut.

“Alternatif lainnya kita bicarakan dengan pihak desa untuk penanggulangan dengan dana desa. Intinya kami sudah melakukan survei investigasi sebagai wujud perhatian pemda terhadap Jembatan tersebut yang mengalami kerusakan,” tutupnya.

Jembatan yang menghubungkan Desa Layap Baru dengan Desa Tatah Layap itu sudah sering mengalami kerusakan. Oleh warga diperbaiki secara gotong royong.

“Sering terjadi pengendara tercebur di jembatan tersebut, dan ini kembali lagi. kita berharap pemerintah dapat memperbaiki jembatan desa kami. Kalau bisa jangan terbuat dari kayu lagi, tapi permanen,” pinta warga setempat Muhammad Yunan.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Biawak 1,5 Meter Gegerkan Warga Antasan Senor Ilir

Tahapan Jalur PPDB 2020, Begini Penjelasan Disdik Banjar