Jurnalis Banjar Ikuti Tes Swab

WARTAKOTA.NET – Belasan jurnalis yang bertugas di Kabupaten Banjar mengikuti tes swab massal dari Pemerintah Kabupaten Banjar, di Labkesda Dinas Kesehatan Banjar, Kamis (13/8/20).

Tes swab ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, terlebih mobilitas wartawan dalam bertugas cukup tinggi dan sering berinteraksi dengan masyarakat hingga pejabat.

Kasi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo, Statistik, dan Persandian Banjar, M. Hamdani mengatakan, tes swab ini juga dilakukan Pemkab Banjar lantaran ingin memastikan kondisi kesehatan para jurnalis.

“Ini juga demi kawan-kawan di lapangan supaya tenang dalam bekerja. Apalagi saat ini ada kekhawatiran narasumber ada yang parno,” tambah Hamdani.

Ia mengakui, tidak semua wartawan bersedia menjalani tes swab dikarenakan sebagian ada yang tidak mau atau menolak untuk diswab, dan ada juga yang beralasan sudah melakukan swab di daerah lain.

“Kita sudah mengimbau agar semua ikut, tapi sebagian mengaku sudah swab tes di Banjarbaru,” imbuhnya.

Hamdani berharap hasil tes swab para jurnalis semuanya negatif. Jika pun ada yang positif kata Hamdani, agar dapat menjalani karantina mandiri atau di Guest House Sultan Sulaiman.

“Biasanya 2 hari setelah dilakukan swab baru keluar hasilnya,” ungkapnya.

Sementara salah satu jurnalis, Milna Sari mengaku cukup gugup saat hendak diswab tes, karena ini pengalaman pertama baginya.

“Apalagi tadi melihat ada yang sampai keluar air mata seusai swab. Kalau rasanya sakit sedikit, seperti kemasukan nasi ke dalam hidung,” ujar Milna.

Dalam tes swab ini, pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan teknik reaksi rantai polimerase (PCR) yang merupakan salah satu tes untuk mendeteksi virus corona.

Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara pengumpulan usap (swab) dari saluran pernapasan atas, yakni bagian hidung, mulut dan tenggorokan.

“Kalau saya yakin aja hasilnya negatif, karena tidak ada gejala dan tidak ada berinteraksi langsung dengan orang positif Covid,” pungkas Milna. (sai)

What do you think?

Tangkap Lobster, Kalsel dapat Kuota 25 Ton

Pansus Covid-19 Desak Pemkab Banjar Beli Alat PCR Test