Lingkungan Bersih dan Tertata Rapi, Citra Kota Bisa Terbangun

WARTAKOTA.NET – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarbaru adalah bagian terpenting dalam mengedukasi masyarakat, terkait citra suatu kota dalam hal kebersihan.

Demikian disampaikan Pjs Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu kepada sejumlah awak media, Kamis (1/10/20).

Bernhard mengibaratkan, jika orang-orang datang ke suatu kota, maka sudah tentu hal pertama yang mereka lewati adalah jalan rayanya. Ketika kota yang dilalui itu terlihat bersih dan tertata rapi di sepanjang jalannya, maka hal tersebut akan membangun imej (citra) kota itu sendiri.

“Itu yang saya kehendaki diawal-awal ini (di Kota Banjarbaru),” ucap Bernhard.

Pjs Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu saat diwawancarai awak media di RSD Idaman Banjarbaru.

Ia menambahkan, terbangunnya citra suatu kota karena kebersihannya secara tidak langsung juga akan mempengaruhi mindset (pola pikir) masyarakat untuk membiasakan diri hidup bersih, tertib, dan rapi.

“Jadi, seperti itu lah model edukasi kepada masyarakat. Bagian dari situ saja dulu sebagai proses pembelajaran,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarbaru, Sirajoni menyampaikan bahwa pihaknya siap memperindah dan mempercantik tampilan kota sesuai dengan permintaan Pjs Wali Kota Banjarbaru, salah satu aspek utamanya adalah jalan.

“Jalan tersebut harus kita bersihkan agar lebih terlihat indah lagi, sehingga tak hanya warga Kota Banjarbaru saja yang menikmati keindahan tersebut, melainkan warga dari luar juga dapat menilai, baik itu dari sisi-sisi jalan maupun taman Kota Banjarbaru,” terang Sirajoni.

Kadis LH Kota Banjarbaru, Sirajoni.

Maksud dari program Pjs Wali Kota Banjarbaru ini tambah Sirajoni, untuk memunculkan sisi kebersihan dan keindahan Kota Banjarbaru itu sendiri dengan memberikan nilai edukasi secara tidak langsung kepada masyarakat, bahwa mereka juga turut serta dalam menciptakan dan menjaga keindahan Kota Banjarbaru.

“Sehingga segala sesuatu pelaksanaan yang terencana, bisa dilaksanakan dan memberikan manfaat kepada masyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya.

Di samping itu, Dinas LH juga bekerja sama dengan Dinas Perkim Kota Banjarbaru untuk menciptakan keindahan Kota Banjarbaru, yakni dengan membuat dan merawat taman-taman yang ada di Kota Banjarbaru. (tet)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Digelar Secara Virtual

Instansi Pemerintahan di Banjarbaru Disidak Pjs Wali Kota