Masa Pendaftaran Pengawas TPS Diperpanjang

WARTAKOTA.NET – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Banjar umumkan perpanjangan masa Pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPST) ke tahap kedua. Hal itu dikarenakan sejak dibukanya pendaftaran tahap pertama, masih ada TPS yang belum kebagian pengawas.

Dikatakan ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fajeri Tamzidillah, Jumat (16/10/20), perpanjangan masa pendaftaran harus dilakukan karena masih ada beberapa kecamatan yang jumlah pengawasnya belum terpenuhi. Perpanjangan masa pendaftaran sendiri dimulai sejak 16 Oktober 2020 hingga 20 Oktober 2020.

“Kecamatan Aluh-aluh misalnya ada 63 TPS, namun yang mendaftar sebagai pengawas baru 61 orang. Artinya masih ada kekurangan dua orang pengawas di Aluh-aluh. Padahal kami berharap jumlah pendaftar bisa dua kali lipat dari jumlah yang dibutuhkan,” katanya.

Ditambahkan Fajeri, jika sampai tanggal 20 Oktober 2020 beberapa kecamatan masih ada yang tidak terpenuhi jumlah pengawasnya, maka pihaknya akan memperpanjang kembali hingga 26 Oktober 2020.

“Jumlah pengawas yang direkrut untuk mengawas di TPS ada 1.273 orang sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kabupaten Banjar. Honor per orangnya sama seluruh Indonesia yakni sekitar 650 ribu rupiah,” ungkapnya.

Kendalanya ujar Fajeri, batas minimal pengawas adalah 25 tahun. Sedangkan animo terbesar yang mendaftar adalah usia di bawah 25 tahun. Selain itu pendidikan pendaftar minimal SMA sederajat.

“Persyaratan pendidikan tersebut menurut Fajeri cukup sulit dijangkau untuk daerah pegunungan di Kabupaten Banjar,” tutupnya. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Dishub Banjarbaru Sudah ‘Action’ Tata Ulang Lapangan Dr. Murjani

BLT DD Tahap ke-6 Dicairkan