Menuju Swasti Saba Wistara, Forkohat – Dishub Kota Banjarbaru Satukan Visi

WARTAKOTA.NET – Banyak hal yang dibahas Forum Kota Sehat (Forkohat) Kota Banjarbaru bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru, saat mereka berdiskusi santai di Aula Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Senin (31/8/20). Diskusi ini mereka lakukan dalam rangka koordinasi untuk mendukung Kota Banjarbaru meraih penghargaan Swasti Saba Wistara.

Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan di bidang kesehatan lingkungan yang diberikan kepada kota atau kabupaten yang telah menyelenggarakan tujuh tatanan penilaian.

Tujuh penilaian tersebut diantaranya tatanan permukiman, sarana dan prasarana umum, tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri serta sosial yang sehat.

Diskusi sekaligus koordinasi dilakukan di Aula Dishub Kota Banjarbaru. Foto – Dm

Ketua Forkohat Kota Banjarbaru, Qomaluddin menyampaikan, diskusi dan koordinasi ini mereka lakukan untuk menyamakan persepsi dan visi dengan Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, terkait poin-poin verifikasi penilaian dan pencapaian menuju Swasti Saba Wistara.

“Alhamdulillah, ternyata banyak hal yang memudahkan forum kota sehat dalam menyamakan visi bersama, untuk memenangkan Kota Banjarbaru meraih pencapaian terbaik, yaitu Swasti Saba Wistara,” ungkap Qomal yang juga seorang pengusaha muda ini.

Qomal menambahkan, salah satu nilai plus dalam penilaian verifikasi adalah bentuk-bentuk inovasi yang dihasilkan, serta hal-hal lainnya yang dipertahankan dari proses yang sudah tercapai sebelumnya.

“Insya Allah dengan apa yang telah dicapai Dishub Kota Banjarbaru seperti yang disampaikan oleh Pak Nizam (mewakili Kepala Dishub Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie) sudah pada proses yang terbaik,” tuturnya.

Dishub Kota Banjarbaru siap dukung Forkohat Banjarbaru dengan menyertakan data-data terkait. Foto – Dm

Di tempat yang sama, Sekretaris Dishub Kota Banjarbaru, Ahmad Syarief Nizami mewakili Kepala Dishub Kota Banjarbaru Ahmad Yani Makkie menyampaikan, ada sekitar 14 item yang menjadi sasaran Forkohat Kota Banjarbaru untuk bisa digarap bersama Dishub Kota Banjarbaru.

Kebanyakan, lanjut Nizam –sapaan akrab Sekdishub Kota Banjarbaru–, item-item yang menjadi sasaran itu ada di Bidang Sarana dan Prasarana Transportasi (SPT), sebagian lagi di Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), dan 2 item lainnya yang menjadi kewenangan dari UPT. PKB (Perbengkelan Kendaraan Bermotor).

“Ini sebenarnya adalah program yang sudah berjalan di Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru. Item-nya hampir sama dengan item-item penilaian yang menjadi sasaran waktu kita menjadi Juara Nasional IRSA (Indonesia Road Safety Award) tahun 2019 lalu,” beber Nizam.

Untuk mendukung item-item penilaian itu, sambung Nizam, pihaknya tinggal menyerahkan data-data terkait dan menjalankan apa yang memang menjadi pekerjaan rutin dari Dishub Kota Banjarbaru.

“Beberapa inovasi juga yang sudah kita siapkan. Jadi intinya kami sudah siap membantu rekan-rekan dari Forum Kota Sehat untuk bekerja maksimal,” demikian Nizam. (dm)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Partai NasDem Resmi Usung Haji Martinus – Jaya di Pilkada Banjarbaru

Sanca Kembang 4 Meter Hebohkan Warga, Puluhan Telur Ditemukan