Minat Anggota Dewan Masih Minim Ikuti Paripurna

WARTAKOTA.NET – Minat Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar dalam mengikuti Rapat Paripurna masih sangat minim.

Pasalnya, tiap kali digelar rapat paripurna, selalu saja masih banyak kursi yang kosong. Seperti yang terlihat pada rapat paripurna yang digelar Rabu (22/7/20).

Dari total 45 anggota DPRD Banjar, yang hadir hanya 32 orang.

Secara peraturan, jumlah 32 orang anggota dewan dan jajaran ketua tersebut memang sudah kourum untuk dilaksanakannya rapat paripurna. Namun yang menjadi sorotan adalah tentang tradisi kursi kosong yang selalu mewarnai jalannya rapat paripurna.

Ketua DPRD Kabupaten Banjar, M. Rofiqi.

Ketua DRPD Kabupaten Banjar M. Rofiqi mengatakan, kesadaran anggota DPRD adalah melaksanakan yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang.

Jangan sampai kata Rofiqi, ada tanggapan dari masyarakat yang mengatakan bahwa menjadi anggota DPRD Kabupaten Banjar hanya santai, datang, duduk, dan dapat gaji.

“Saya sendiri selalu menekankan kepada semua anggota DPRD, agar selalu on time datang ke rapat paripurna, dan jangan sampai tidak hadir,” ujar Rofiqi.

Ia pun mengaku tidak mengetahui, apakah para anggota dewan yang tidak hadir dalam rapat paripurna itu ada menyampaikan izin atau tidak.

“Yang pasti mekanisme di kita jika tidak hadir harusnya ditegur oleh Badan Kehormatan (BK),” pungkasnya.

Diketahui, rapat paripurna yang digelar kali ini dengan agenda mendengarkan pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD dan pengambilan keputusan terhadap Rancangan Perda Kabupaten Banjar tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 serta penyampaian laporan Pansus Tatib DPRD Kabupaten Banjar. (sai)

What do you think?

Mada Teruna Tegas Tolak Hasil Verifikasi Faktual

Media Center Kabupaten Banjar Kembali Raih Penghargaan