Nadjmi – Jaya Ikuti Coklit Data

WARTAKOTA.NET – Beberapa bulan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarbaru tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru melaksanakan kegiatan Pencocokan dan Penelitan (Coklit) yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai tanggal 15 Juli 2020 sampai 13 Agustus 2020.

Hari ini, Sabtu (18/7/20), KPU Kota Banjarbaru bersama Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru, mengunjungi kediaman dinas Walikota Banjarbaru untuk melakukan Coklit.

Kedatangan mereka disambut hangat oleh Walikota Banjarbaru, H. Nadjmi Adhani didampingi sang istri, Hj. Ririen Kartika Rini Nadjmi Adhani yang kemudian mengikuti proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh PPDP.

Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani beserta istri ikuti kegiatan Coklit. Foto : Galih Humas Bjb

Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani menyampaikan, kegiatan Coklit ini penting dan perlu diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kota Banjarbaru dalam upaya mengikuti dan berpartisipasi dalam Pilkada 2020.

“Dapat dipastikan petugas yang mendatangi masyarakat ke rumah rumah untuk melakukan pencocokan dan penelitian data, tetap bertugas dengan standar protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku,” tutur H. Nadjmi Adhani.

H. Nadjmi Adhani berharap kepada seluruh warga Kota Banjarbaru agar dapat berpartisipasi dalam Coklit data ini, sehingga tidak ada lagi warga yang tidak terdaftar dalam hak pilihnya dan bisa ikut berpartisipasi dalam Pilkada 2020. Karena menurutnya, hal tersebut menentukan masa depan Kota Banjarbaru dan Banua Kalimantan Selatan.

“Mudah-mudahan akan hadir dan akan terpilih pemimpin kota yang benar-benar dari pilihan hati nurani masyarakat Kota Banjarbaru,” harapnya.

Sekadar diketahui, kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) ini dilakukan oleh PPDP dalam pemutakhiran data pemilih dengan bertemu pemilih secara langsung dan berdasarkan perbaikan dari Rukun Tetangga/Rukun Warga atau nama lain dan tambahan pemilih.

PPDP dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran pemilih mengemban tugas yang sangat penting, yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya.

Wakil Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan turut melakukan Coklit data. Foto – Humas Bjb

Pekerjaan yang sangat penting ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

Oleh karena itu, PPDP harus tepat dalam pencocokan data dan teliti dalam bekerja serta dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, salah satunya adalah RT, RW atau sebutan lainnya termasuk dengan Panitia Pemungutan Suara.

Untuk itu, PPDP wajib menggunakan Buku Kerja dalam melaksanakan tugas untuk menjadi buku panduan di lapangan, sekaligus sebagai catatan kerja PPDP untuk akuntabilitas proses Pencocokan dan Penelitian (COKLIT) sekaligus koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Kegiatan serupa juga dilakukan bersamaan di kediaman Wakil Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan, didampingi istri Hj. Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan yang juga melaksanakan Pencocokan dan Penelitian. (glh/dm/tet)

What do you think?

Wisata Pantai di Pagatan Ini Dibuka Kembali

Ingin Tetap Eksis, Behind The Scene Bakal Terapkan Protokol Kesehatan Saat Manggung