P2L Bisa Bikin Warga Hemat

WARTAKOTA.NET – Kelompok Wanita Tani (KWT) Bougenville Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin, mengadakan Panen Pekarangan Pangan Lestari (P2L) bersama Menteri Pertanian RI melalui video conference, Kamis (24/9/20).

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan, didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru, Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan H. Suparno, Kepala DKP3 Kota Banjarbaru Siti Hamdah, Camat Landasan Ulin, Lurah Guntung Payung, Pimpinan PT PAMA, dan tamu undangan lainnya.

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, H. Suparno mengatakan bahwa kegiatan panen P2L ini merupakan bagian dari peringatan Hari Tani Nasional tahun 2020.

Masih kata Suparno, P2L (Pekarangan Pangan Lestari) ini sangat bermanfaat bagi masyarakat apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Wakil Wali Kota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan (kiri) ikut memanen sayuran di KWT Bougenville. Foto – Upk Hms Bjb

“Kita dapat memanfaatkan lahan pekarangan kita untuk menanam baik itu sayur-sayuran, buah-buahan, dan kita bisa memelihara ikan, ternak di lahan kita yang kosong, sehingga warga bisa menghemat (pengeluaran) dengan tidak membeli sayur atau yang lainnya di pasar,” terang Suparno.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan, ada 3 hal penting yang harus dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini, yaitu pengelolaan keuangan secara ketat, efisiensi, dan adaptasi.

Efisiensi terang Jaya, dapat dilakukan dengan P2L (Pekarangan Pangan Lestari). Karena menurutnya, jika kebutuhan pangan warga sehari-hari sudah tercukupi, maka mereka tidak perlu lagi harus ke pasar. Dan tentunya ini sebuah penghematan bagi keluarga.

“Ketika pandemi seperti sekarang ini banyak orang yang memanfaatkan lahan pekarangannya untuk berkebun. Dan orang sadar bahwa ketahanan pangan ini sangat penting sekali,” pungkas Jaya. (upk/tet)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Warga Minta Haji Martinus – Jaya Lanjutkan Amanah Alm Nadjmi Adhani

Berikan Pendidikan dan Fasilitas Terbaik