Pemkab Banjar Evaluasi Tandatangan Elektronik

WARTAKOTA.NET – Setelah sehari sebelumnya melakukan peninjauan di berbagai instansi, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar melalui Bidang Statistik dan Persandian, menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik bersama beberapa pimpinan SKPD, di Aula Barakat Martapura, Rabu (16/09/20).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar H.M. Hilman yang membuka Rapat Monitoring Implementasi tersebut mengatakan, tandatangan Sertifikat Elektronik ini merupakan kemajuan teknologi dalam perwujudan dari perlindungan data dan dokumen pemerintah.

“Semua harus menyiapkan diri dan mampu beradaptasi dengan hadirnya teknologi informasi, Implementasi Sertifikat Elektronik (tandatangan elektronik) yang merupakan bagian dari penerapan smart city di Kabupaten Banjar,” ujar Hilman.

Sistem ini lanjut Hilman, dapat mempermudah penyelenggaraan pemerintah sehingga mampu menciptakan mekanisme tata kelola pemerintahan yang lebih terukur, cepat, serta sesuai dengan perencanaan.

Sementara Pengolah Data Seksi Pelayanan Sertifikasi Elektronik BSrE Badan Siber Sandi Negara, Cesario Oktanto Kisti dalam paparannya menyebutkan, bahwa Sertifikat Elektronik ini termasuk dalam Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 10 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan Sertifikat Elekronik, Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 2 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Sertifikasi Elektronik dan Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Persandian untuk Pengamanan Informasi di Pemerintah Daerah.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara sistematis menggunakan alat ukur tertentu untuk memperoleh informasi dan hasil tinjauan yang cukup, berkaitan dengan penyelenggaraan pemanfaatan sertifikat elektronik di instansi Pemerintah,” katanya.

Tinjauan Implementasi Sertifikat Elektronik Instansi Pemerintah Tahun 2020 yang dilakukan oleh BSrE ini dilakukan terhadap 30 pemerintah daerah di Indonesia, termasuk Pemerintah Kabupaten Banjar.

Dari Hasil Tinjauan Implementasi Sertifikat Elektronik Pemerintah Kabupaten Banjar terdapat 9 poin, diantaranya Pelaksanaan Kerjasama tanggal 16 Oktober 2019 antara Kepala BSrE dan Kepala Dinas Kominfo Statistik Persandian dan Piloting implementasi tandatangan elektronik pada Aplikasi e-Office. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Kabupaten Banjar Keluar dari Zona Merah

Usaha Kecil Jadi Perhatian Haji Martinus – Jaya