Penerima Bansos di Martapura Timur Tak Sesuai Data?

WARTAKOTA.NET – Penyaluran bantuan sosial di Kabupaten Banjar, ternyata tak semua yang terdampak covid-19 mendapatkan bantuan berupa sembako tersebut.

Seperti yang terjadi di Desa Pekauman Dalam Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Di desa ini, hanya satu Rukun Tetangga (RT) saja yang mendapatkan bantuan tersebut, padahal yang terdampak hampir semua warga (RT).

Dari informasi yang dihimpun, jumlah warga yang terdampak di Desa Pekauman Dalam menurut data dari Aparat Desa, berjumlah 157 kepala keluarga. Namun yang diterima hanyalah 41 paket sembako.

Padahal, aparat desa setempat telah mengajukan data warganya secara bersamaan kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Akan tetapi yang sampai ke pihak Kecamatan dan ke Dinas Sosial hanya 41 kepala keluarga.

“Kesalahpahaman di format aja, di kira 1 kolom aja ternyata ada 3,” ujar TKSK Martapura Timur, Solihin saat dihubungi beberapa kali via seluler, Jumat (8/5/20).

Sementara Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Banjar, Nur Safiullah menuturkan, pihaknya hanya tahu menyalurkan bantuan sosial tersebut ke kecamatan-kecamatan. Sedangkan untuk data sendiri, itu sepenuhnya apa yang diserahkan oleh kecamatan dan mereka tidak lagi melakukan validasi data tersebut.

“Sesuai arahan Bupati Banjar pada coffe morning kemarin, pihak kecamatan harus menyiapkan data penerima bansos tersebut. dan kita percaya data dari kecamatan itu valid. Karena itu kita tidak melakukan validasi lagi,” ucapnya.

Ditambahkannya, jika ternyata di lapangan terjadi tumpang tindih mengenai data penerima bantuan sosial tersebut, pihaknya mengaku tidak mau tahu soal tersebut, dan tetap menganggap data yang diberikan oleh kecamatan itu valid.