Penghapusan Jamban Apung Dipastikan Tuntas Tahun Ini

WARTAKOTA.NET – Penghapusan jamban apung yang ada di bantaran Sungai Martapura, hingga kini masih berlanjut.

Dipastikan, pada tahun 2020 ini target penghapusan 1.000 jamban apung akan tercapai.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar, Irwan Jaya mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan kembali melakukan penghapusan jamban apung.

“Untuk jumlah jamban apung yang sudah kita hapus sebanyak 913 buah dan tinggal 87 buah, maka kita sudah dapat mencapai target yakni 1.000 jamban apung yang kita hapus, dan tahun ini akan kita tuntaskan,” ucap Irwan, Kamis (9/7/20).

Dijelaskan Irwan Jaya, di Kabupaten Banjar terdapat sekitar 9.000 buah jamban apung yang ada di bantaran Sungai Martapura.

“Jadi ada beban hutang yang kita selelsaikan itu sekitar 8.000 buah jamban, kalau seluruh jamban kita selesaikan, tapi yang menjadi prioritas dari Kota Martapura, astambul, sampai Sungai Tabuk,” katanya.

Diketahui, program pennghapusan jamban apung ini merupakan program Bupati Banjar untuk merubah kebiasaan masyarakat yang biasa beraktivitas di sungai, seperti buang air besar, mencuci, dan lain sebagainya.

Jamban apung yang dihapus akan digantikan dengan jamban biofil yang dana pembangunannya hasil kolaborasi dari APBD dan Dana Desa. (sai)

What do you think?

Donor Darah, Dispora Gandeng FKP Kabupaten Banjar

Perpustakaan Martapura Kini Dilengkapi Buku Saku Covid-19 Berbahasa Banjar