Pengunjung Murdjani Dibubarkan, Tamu THM Di-Swab

WARTAKOTA.NET – Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E. Rondonuwu dan Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, bubarkan pengunjung Lapangan Dr Murdjani yang tidak patuhi protokol kesehatan, Sabtu malam (3/10/20).

Tak hanya pengunjung di Lapangan Dr Murdjani, Tempat Hiburan Malam (THM) juga menjadi sasaran Inspeksi Mendadak (Sidak) dua pejabat tinggi di Pemko Banjarbaru, yang langsung menggelar swab dan tes urine pada pengunjung. Sidak ini dilakukan Bernhard untuk menegakkan protokol kesehatan.

Penyedia jasa hiburan mobil listrik juga tak luput dari Sidak. Hal ini dilakukan untuk mengetahui prokes pemilik usaha sebelum menyewakan mobil listriknya kepada pengunjung Murjani. Foto – Tim

Sejumlah pelanggaran protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker dan berkerumun (tidak menjaga jarak), ditemukan Bernhard beserta petugas gabungan saat menjalankan Sidak. Bahkan, para pengendara yang melintas di sekitaran Taman Air Mancur Banjarbaru juga tak luput dari perhatian petugas. Bagi mereka (pengendara) yang kedapatan tidak memakai atau membawa masker, langsung dihentikan petugas dan kemudian mendapat sanksi berupa push up hingga menghafal Pancasila, kemudian diberi masker oleh petugas.

Salah seorang pengendara sepeda motor yang terjaring razia yustisi, Adi mengaku sangat kapok saat berkendara tanpa menggunakan masker.

“Disuruh sebutkan pancasila tapi tidak hafal. Tapi alhamdulillah kita dikasih masker sama bapak-bapak TNI,” tandasnya.

Pengendara sepeda motor yang kedapatan taak memakai helm dihentikan petugas gabungan dan mendapatkan sanksi. Foto – Tim

Sementara itu, Pjs Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu menyampaikan, pihaknya ingin memastikan kepada seluruh masyarakat Kota Banjarbaru bahwa pemerintah kota beserta jajaran rekan dari TNI – Polri -Satpol PP, fokus dan serius dalam proses penegakan protokol kesehatan Covid-19 yang ada di Kota Banjarbaru.

“Kegiatan ini adalah menindaklanjuti dari pertemuan dan laporan dari Forum RT/RW kemarin. Kita itu dihadapkan persoalan kerumunan yang terjadi justru di depan Balai Kota Pemerintah Kota Banjarbaru sendiri,” ungkap Bernhard kepada sejumlah awak media sembari menambahkan bahwa Pemerintah Kota Banjarbaru tetap konsisten pada penegakan protokol kesehatan Covid-19.

“Tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah memastikan terjaminnya kesehatan diantara kita dan tidak mau lagi terjadi yang namanya ledakan atau klaster baru di Kota ini serta melandaikan kasus covid 19,” tambah Bernhard.

Pengunjung THM langsung diswab oleh petugas kesehatan. Foto – Galih Humas Bjb

Ia juga selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Menjelang tengah malam, giat Sidak dilanjutkan dengan penindakan penegakkan protokol kesehatan di tempat hiburan malam (THM) yang ada di Jalan Trikora Banjarbaru.

Penegakan protokol kesehatan di THM itu dibarengi dengan tindak pemeriksaan atau tes swab yang dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru, kepada masyarakat atau pengunjung yang berada di dalam THM itu.

Dalam giat itu, Bernhard juga didampingi Kepala Satpol PP Kota Banjarbaru Marhain Rahman, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Ahmad Yani Makkie, Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru, serta seluruh anggota Satpol PP dan TNI – Polri yang bertugas di Kota Banjarbaru. (tet)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Gunakan Motor, Pjs Wali Kota Banjarbaru Sidak TPA Gunung Kupang

Haris – Ilham Akan Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi