Punya Potensi, Haris – Ilham Ingin Jadikan Kampung Sasirangan Jadi Wisata Belanja Kain Tradisional

WARTAKOTA.NET – Setelah beberapa waktu lalu Kampung Biru, kali ini giliran Kampung Sasirangan Banjarmasin yang dikunjungi oleh pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie – Ilham Nor, Kamis (17/9/20) kemarin.

Kedatangan Haris – Ilham dalam program ‘Meelangi Kula’ ini disambut dengan pengalungan kain sasirangan produksi warga Kampung Sasirangan. Kunjungan mereka tetap menerapkan protokol kesehatan dan membagikan ratusan Masker.

Tak sekadar tegur sapa, Haris – Ilham juga membaur dengan masyarakat sekitar. Hal ini terlihat saat mereka menghampiri seorang pedagang es krim keliling yang mangkal di tepi jalan di seberang sebuah mesjid.

Tanpa rasa sungkan ataupun gengsi, keduanya memesan langsung es krim itu dan menikmatinya bersama warga. Sungguh suasana yang menyejukkan hati. Warga pun merasa senang dengan sosok Haris yang begitu ramah dan rendah hati terhadap warga.

Dukungan demi dukungan yang disampaikan warga terdengar silih berganti. Mereka juga menyampaikan doa dan harapan untuk pasangan yang mengusung jargon “Banjarmasin BANGKIT (Kebanggaan Kita)” ini.

Pengrajin sasirangan Kampung Sasirangan Banjarmasin. Foto – Tim

“Kami yakin pian (Anda) bisa membangkitkan perekonomian di sini,” kata salah satu warga.

“Kami memilih pian (Anda) nanti pak,” timpal warga lainnya.

“Pian orang baik pak, pian layak untuk menang,” sambung warga beramai-ramai menyuarakan apresiasi atas dukungan mereka.

Pasangan Haris – Ilham kemudian menuju Gang 1 Syazali Siti Hazar dan menyusurinya. Tempat ini memang dikenal sebagai basis pembuatan kain sasirangan. Di sini, Haris – Ilham menyaksikan langsung proses pembuatan pola, menjahit sampai pewarnaan kain sasirangan.

Bakal Calon Wali Kota Banjarmasin, Abdul Haris Makkie menyampaikan, kunjungannya bersama Ilham Nor ke Kampung Sasirangan ini adalah untuk melihat sejauh mana potensi yang ada di wilayah ini bisa di kembangkan ke depannya.

Ia dan Ilham Nor menginginkan agar Kampung Sasirangan bukan hanya sebagai tempat memproduksi kain sasirangan, namun juga dikembangkan menjadi wisata perbelanjaan sasirangan.

“Tentu ada interaksi sosial dan juga menjadikan daerah wisata belanja kain tradisional kita,” ucap Haris kepada awak media saat berada di Posko Pemenangan di Jalan H. Anang Adenansi.

Bukan tanpa alasan Haris – Ilham begitu memperhatikan para pelaku usaha kain sasirangan ini. Pasalnya, mereka memang memiliki program kerja untuk mensejahterakan para pelaku UMKM, terutama pengrajin tradisional yang kini kurang eksis lantaran keberadaannya masih belum banyak mendapat perhatian pemerintah.

“Kita berharap bahwa ada pergerakan ekonomi yang baik dengan adanya kampung sasirangan ini. Ini akan kita benahi,” tutup Haris. (tet)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Air Saluran Irigasi Surut, Warga Mudah Tangkap Ikan

Polisi dan Masyarakat Selamatkan Lumba-Lumba Terdampar