SUKASUKA

Roh Sudah Ada, Fisiknya Belum

SMAN 5 Banjarbaru Hadir, Animo Masyarakat Tinggi

Gedung di SMPN 4 Banjarbaru yang dipinjam pakai SMAN 5 Banjarbaru untuk ruang belajar - mengajar. Foto - Tet

WARTAKOTA.NET – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 memang telah hadir di Kota Banjarbaru. Namun secara fisik, sementara ini SMAN 5 Banjarbaru meminjam pakai beberapa ruang kelas yang ada di SMPN 4 Banjarbaru.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMAN 5 Banjarbaru, Eksan Wasesa kepada Jurnalis Wartakota.net, Senin (29/6/20).

“Kalau secara roh-ny SMAN 5 itu sudah siap, termasuk visi, misi, tujuan ke depan, rencana 4 tahun ke depan, semua secara akreditasi sudah siap untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk tahun pelajaran 2020 – 2021,” kata Eksan.

Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pertama ini terang Eksan, SMAN 5 Banjarbaru menerima sekitar 68 orang siswa.

Bahkan ungkapnya, di hari pertama PPDB dibuka (29 Juni 2020) hingga siang tadi, sudah ada 24 orang calon siswa yang mendaftar.

“Jadi tinggal 1 kelas lagi sudah akan terpenuhi,” ucap pria berkumis ini.

Gedung di SMPN 4 Banjarbaru yang dipinjam pakai SMAN 5 Banjarbaru untuk ruang belajar – mengajar. Foto – Tet

Hal ini lanjut Eksan, membuktikan bahwa animo masyarakat atas kehadiran SMAN 5 Banjarbaru ini sangat tinggi, terutama bagi masyarakat yang berada di zonasi Kecamatan Landasan Ulin, khususnya Kelurahan Landasan Ulin Timur dan Kecamatan Guntung Manggis.

Saat ditanya mengenai ketersediaan guru-guru pengajar di SMAN 5 Banjarbaru, Eksan membeberkan bahwa belum ada pendanaan yang mengarah kepada penyediaan guru pengajar.

“Jadi kami mengandalkan guru-guru yang sekiranya mempunyai loyalitas terhadap pendidikan. Saya lebih suka mengatakan di sini adalah relawan-relawan pendidikan,” tutur pria yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala SMAN 2 Banjarbaru.

Sebagian besar guru relawan pendidikan itu sebut Eksan, berasal dari SMAN 2 Banjarbaru, SMAN 3 Banjarbaru, SMAN 1 Martapura, dan sekolah-sekolah lainnya.

Di sisi lain, Pihak Pemerintah Kota Banjarbaru juga ikut berperan dalam melahirkan SMAN 5 Banjarbaru ini.

Plt SMAN 5 Banjarbaru, Eksan Wasesa berpose mempromosikan sekolah baru di Kota Idaman. Foto – Istimewa

Diakui Eksan, ada bantuan yang datang dari Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru untuk SMAN 5 Banjarbaru. Meskipun ia sendiri tidak menyebutkan secara gamblang kepada wartakota.net apa bantuan itu.

“Walaupun tidak mencukupi seluruh pembiayaan sekolah, tapi minimal pada saat merangkak, saat berdiri sekolah yang baru ini sudah lumayan dan cukup untuk membantu,” imbuhnya.

Di samping itu, rencana awal pembangunan gedung SMAN 5 Banjarbaru ini jelas Eksan dilaksanakan pada tahun 2020 ini.

Namun dikarenakan adanya pandemi Covid-19, gedung SMAN 5 Banjarbaru akan dibangun dan dioperasionalkan pada tahun 2021 mendatang.

“Mungkin pendanaan untuk pembangunan tergeser ke arah penanganan pandemi Covid-19. Jadi rencanannya memang di tahun 2021 sudah terbangun, minimal nanti 4 kelas,” pungkas Eksan sembari tersenyum ramah. (tet)

What do you think?

Kabar Gembira, SMAN 5 Hadir di Banjarbaru

Banjarbaru Ditargetkan Ikut Sukseskan Rekor MURI