‘RTRW Kabupaten Banjar Sudah Sesuai SOP’

WARTAKOTA.NET – Menanggapi tudingan DPRD Kabupaten Banjar yang menduga terjadi indikasi permainan dalam penentuan zona di Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Banjar 2013-2032 beberapa waktu lalu, Kepala Bidang Tata Ruang dan Pengawasan Pembangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Farida Ariyati angkat bicara.

Farida mengatakan, dalam RTRW tersebut sudah sesuai dengan SOP dan teknis di bidangnya.

“Kami memberikan informasi pada pengembang perumahan mengenai RTRW Kabupaten Banjar, bukan memberikan rekomendasi,” katanya.

Berdasarkan aturan, sambung Farida, pengembang perumahan sebelum mengajukan dokumen ke perizinan harus melengkapi beberapa dokumen, salah satunya adalah informasi dan teknis gambar dari RTRW untuk memastikan lokasi perumahan tersebut sesuai dengan peruntukannya.

Bahkan ujar Farida, pengajuan perubahan RTRW pun dilakukan berdasarkan kajian lengkap sesuai dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

“Karena itu kami juga sedang mencari informasi apakah ada yang bermain. Kami perlu bukti dan dimana lokasi yang dimaksud, nanti akan kami sampaikan ke atasan kami,” tukasnya.

Lebih jauh Farida menyampaikan, berdasarkan RTRW Kabupaten Banjar, daerah perumahan di Martapura Kota sesuai dengan peruntukannya, yaitu permukiman yang berwarna kuning. Sedangkan untuk warna lain ada yang diperuntukkan untuk pertanian, daerah resapan dan sebagainya, dapat dilihat di cek titik koordinatnya dari peta RTRW Kabupaten Banjar.

“Revisi RTRW Kabupaten Banjar sejauh ini tahapannya sudah lengkap dan sudah disampaikan untuk mendapatkan persetujuan substansi RTRW dari Menteri ATR/BPN,” jelasnya.

Namun, permohonan tersebut mengalami penundaan karena bersamaan dengan munculnya Pandemi Covid-19.

“Kami masih menunggu arahan dari Kementerian ATR/BPN dan akan tetap berkoordinasi secara online. Dokumen yang dibutuhkan akan dikirim,” tutupnya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

PSBB di Kabupaten Banjar Akan Segera Dimulai

Satu Pasien Covid-19 Meninggal, Diauddin; Berikan Empati Kepada Keluarga Korban