Ruang Perawatan Covid-19 RSD Idaman Siap Difungsikan

WARTAKOTA.NET – Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru kini punya ruangan baru untuk perawatan pasien Covid-19. Ruangan ini kemudian diresmikan dan ditinjau oleh Wakil Walikota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan, Jum’at (7/8/20).

Wakil Walikota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan mengajak semua pihak untuk memberikan apresiasi positif atas terealisasinya pengadaan ruang perawatan Covid-19, di Rumah Sakit Idaman Banjarbaru ini.

Menurut Darmawan Jaya, meskipun di tengah APBD yang defisit, saat refocusing dan relokasi anggaran PAD sangat berkurang (defisit), namun Pemerintah Kota Banjarbaru masih mampu melengkapi fasilitas kesehatan dengan ruang perawatan Covid-19 ini.

Hal ini, masih kata Darmawan Jaya, sangat diperlukan dan relevan di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Tentunya ruang perawatan Covid-19 ini sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan WHO, dan dilengkapi sistem-sistem sarana pendukung lainnya dengan ditunjang oleh tenaga-tenaga medis yang profesional,” terang Darmawan Jaya.

Di tempat yang sama, Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru dr. Hj. Endah Labati Silapurna menyampaikan, bangunan ruang perawatan pasien Covid-19 ini terdiri dari 2 lantai.

Lantai 1 eks tempat parkiran lanjut Endah, dijadikan untuk ruang pelayanan ICU Covid 19 dengan jumlah tempat tidur sebanyak 8 bed (tempat tidur), dilengkapi dengan peralatan hepafilter, dan ventilator dengan penggunaan dana DAK.

“Alhamdulillah bantuan dua alat ventilator dapat dari Ketua Relawan Indonesia Bersatu, Bapak Sandiaga Uno,” ucapnya.

Sedangkan di lantai 2, lebih lanjut Endah, dibuat sesuai standar ruangan perawatan Covid-19 dengan 29 tempat tidur, ditambah fasilitas ruang perawatan ruang pemeriksaan radiologi, ruang laboratorium yang dibangun menggunakan dana APBD Kota Banjarbaru.

“Ada juga ruang kenari yang kami desain untuk perawatan Covid-19 bagi pasien ibu yang melahirkan dengan suspek atau konfirmasi Covid-19, dengan jumlah 4 bed,” ujarnya.

Tidak hanya itu, RSD Idaman Kota Banjarbaru juga mendapatkan bantuan Mobile X-Ray dari Gubernur Kalimantan Selatan. (upk/tet/dm)

What do you think?

Rofiqi Tegaskan DPRD Banjar Tak Akan Lakukan Swab Massal

Pansus Covid-19, Pertanyakan Keterlambatan Penyaluran Bansos di Empat Kecamatan