Sawah Terendam Saat Musim Panen, Petani Pasrah

WARTAKOTA.NET – Tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Banjar dalam beberapa waktu terakhir, membuat lahan pertanian milik petani di kawasan Martapura Timur terendam air. Akibatnya, para petani pun harus memanen padi mereka dalam kondisi terendam air.

“Ada sebagian yang masih mentah, dan juga kalau terendam kaya gini, bisa-bisa keduluan tikus memakan padinya,” ucap salah satu petani, Ahmadi.

Dengan kondisi seperti itu, lanjut Ahmadi, proses panen padi pun menjadi sedikit lebih sulit. Hal ini dikarenakan padi yang dipanen harus segera dibawa ke lokasi yang lebih tinggi agar tidak basah.

“Biasanya kan, habis dipetik kita menjemurnya di sawah ini juga. Tapi karena lokasinya terendam, harus segera dibawa ke lokasi yang lebih tinggi atau langsung dibawa pulang,” katanya.

Menurutnya, kondisi seperti ini sangat jarang terjadi. Pasalnya, setiap tahunnya, musim panen selalu tiba disaat musim kemarau atau musim panas.

“Ini jarang terjadi, dimana musim panen bertepatan dengan musim hujan,” ungkapnya.

Meski terendam, para petani tak dapat berbuat banyak, karena kondisi alam yang sudah masuk musim penghujan, ditambah sawah mereka yang lokasinya dataran rendah, sehingga cepat terendam akibat hujan yang sering mengguyur. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Pjs Wali Kota Beri Wejangan untuk Satpol PP Banjarbaru

Permasalahan Banjir Jadi Perhatian Haji Martinus – Jaya