Sempat Dirumahkan, Ratusan Karyawan Swasta Kembali Masuk Kerja

Ilustrasi karyawan masuk kerja. Foto - Pixabay

WARTAKOTA.NET – Ratusan karyawan swasta yang bekerja diberbagai perusahaan di Kabupaten Banjar, akhirnya dapat kembali melakukan aktivitasnya.

Sebelumnya, mereka dirumahkan akibat mewabahnya pandemi virus Corona.

Diketahui, ada 7 perusahaan di Kabupaten Banjar yang merumahkan para pekerjanya. Hal ini akibat menurunnya omzet imbas dari virus Corona.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar ada perhotelan, restoran, dan pertanian yang kembali mempekerjakan para karyawannya.

Ilustrasi karyawan masuk kerja. Foto – Pixabay

Kadisnakertrans Kabupaten Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana menyampaikan, total pegawai/karyawan yang dirumahkan pada saat awal pandemidi Kabupaten Banjar secara keseluruhan yakni 305 orang. Sementara yang kena PHK ada 25 orang.

“Hotel Aston misalnya sudah kembali beroperasi juga sudah kembali mempekerjakan karyawannya yang dirumahkan. Sementara Treepark Hotel sudah mempekerjakan karyawan secara bergantian,” ujarnya.

Sementara untuk Sektor usaha hiburan dan pariwisata memasuki Kenormalan Baru kata Nyoman, memang mulai bangkit sehingga pekerja yang dirumahkan kini mulai masuk kerja kembali.

“Data ini data perusahaan yang melapor ke kita, kalau tidak melapor kita anggap tak ada merumahkan atau melakukan PHK terhadap pekerjanya,” tambahnya.

Kadisnakertrans Kabupaten Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana.

Di sisi lain, untuk sektor pertambangan berdasarkan data tak ada perusahaan di sektor ini yang melakukan PHK maupun merumahkan pekerjanya.

Sebelumnya Tim Gugus Tugas Pengendalian dan Penanganan (GTPP) Covid 19 Kabupaten Banjar juga sudah memberikan rekomendasi beberapa hotel, wahana hiburan, hingga pusat kebugaran untuk boleh beroperasi kembali dengan syarat pihak perusahaan tersebut mengajukan permohonan membuka kembali usaha jelang Kenormalan Baru. (sai)

Begini Protokol Kesehatan Idul Adha Di Tengah Pandemi Covid-19

MUI Kabupaten Banjar Kini Punya Pimpinan Baru