Ilustrasi server down. Foto - Pixabay

Server Down, PPDB Online Terganggu

WARTAKOTA.NET – Toyo, orang tua salah satu calon peserta didik baru dibuat was-was. Pasalnya, nama anaknya yang sudah mendaftar di salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Banjarbaru belum juga muncul. Padahal sejak hari pertama ia sudah mendaftarkan nama anaknya. Namun sampai hari kedua pendaftaran, nama anaknya belum juga muncul di sistem.

“Anak saya kemaren sudah mendaftar melalui jalur zonasi, namun sampai hari kedua pendaftaran tidak ada muncul namanya. Saya jadi khawatir,” kata Toyo, Selasa (30/6/20).

Ilustrasi server down. Foto – Pixabay

Hal senada juga disampaikan Ari, orang tua siswa yang tinggal di Banjarbaru. Ia mengaku kesulitan saat mendaftarkan anaknya, lantaran adanya pembatasan waktu pendaftaran.

Masih kata Ari, dihari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), ia tidak bisa mendaftarkan anaknya karena pendaftaran sudah tutup.

“Kalau tidak salah sore sudah tutup saat saya masih kerja. Jadinya saya tidak bisa mendaftarkan anak. Harusnya yang namanya online, maka bisa setiap waktu mendaftar karena adanya online tujuannya kan memudahkan, bukan mempersulit seperti ini,” cetus Ari.

Ari menambahkan, Selasa sore (30/6/20) tadi, ia kembali mencoba untuk mengakses laman PPDB SMA/SMK tingkat Kalimantan Selatan, namun tetap tidak bisa.

“Muncul pemberitahuan tidak bisa dibuka dan disuruh besok lagi. Semoga besok sudah bisa diakses,” tandasnya.

Tampilan di halaman utama website PPDB SMA/SMK Kalsel. Foto – Istimewa

Dari pantauan wartakota.net, laman (website) pendaftaran PPDB Online di http://kalsel.siap-ppdb.com memang tidak bisa diakses untuk pendaftaran.

Di halaman utama laman tertulis pemberitahuan; “Mohon maaf sebelumnya sistem PPDB Online untuk hari ini ditutup, hal ini disebabkan oleh masih berlangsungnya sinkronisasi data. Pendaftaran dapat diakses kembali besok tanggal 1 Juli 2020 mulai pukul 08.00 WITA.
Batas waktu PPDB Online SMA/SMK diperpanjang sampai tanggal 03 Juli 2020.
terimakasih”.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan mengeluarkan surat edaran Nomor: 421.5/147/Disdikbud/2020 yang bersifat segera ditujukan kepada Kepala SMA/SMK Negeri dan Swasta tentang Perpanjangan Waktu Pelaksanaan PPDB Online.

Dalam surat yang bertanggal 30 Juni 2020 itu, tertulis pelaksanaan pendaftaran PPDB yang semula tanggal 29 Juni – 01 Juli 2020 diperpanjang menjadi tanggal 29 Juni – 03 Juli 2020.

Surat Edaran dari Disdikbud Provinsi Kalsel. Foto – Istimewa

Begitu juga dengan pengumumannya, yang semula tanggal 03 Juli diubah menjadi 06 Juli 2020. Sedangkan daftar ulang tanggal 07-09 Juli 2020.

Dalam surat yang bertanda tangan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan itu tidak dijelaskan secara rinci penyebab perubahan jadwal kegiatan PPDB Online.

Semoga PPDB Online dapat kembali berlangsung dengan lancar. (tim)