Status Darurat Karhutla Kabupaten Banjar Diperpanjang

WARTAKOTA.NET – Masa darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Banjar yang seharusnya selesai hari ini, Kamis (8/10/20), diperpanjang lagi sampai tanggal 30 November 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan Kabid Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Yayan Darianto. Menurutnya, hingga kini hampir semua wilayah di Kabupaten Banjar masih berpotensi terjadinya Karhutla. Apalagi, Kabupaten Banjar masih masuk dalam beberapa daerah di Kalsel yang mengalami hari tanpa hujan 6 hingga 10 hari.

“Kita berharap pada awal November nanti sudah masuk musim penghujan,” ujar Yayan.

Pada tahun ini lanjut Yayan, jumlah titik api di Kabupaten Banjar memang mengalami penurunan, hal ini dikarenakan kemarau tahun ini adalah kemarau basah.

Meskipun demikian, jumlah titik api tak bisa berbanding lurus dengan jumlah lahan dan hutan yang terbakar. Seperti Karhutla yang terjadi beberapa waktu lalu di Kecamatan Aranio yang mencapai 80 hektare.

“Satu titik kebakaran saja sudah 80 hektare dan total kebakaran nantinya akan diketahui setelah status tanggap darurat Karhutla selesai,” jelasnya.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Banjar, sejak awal hingga kini ada 71 titik api yang terdata dari satelit maupun laporan warga. Sementara jumlah luasan yang terbakar ada 131,41 hektare. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Perhatian Haris – Ilham untuk Masyarakat; dari Berkantor di Kelurahan sampai WiFi Gratis untuk Pelajar Sekolah

Polsek Gambut Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Remaja