Stok Darah di PMI Banjar Menipis

WARTAKOTA.NET – Semenjak pandemi virus corona (covid-19) mewabah di Kabupaten Banjar, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kanjar mengalami kekurangan stok darah. Hal ini sangat mengkhawatirkan jika ada kondisi darurat seperti pasien yang membutuhkan darah.

Isnina Wati, Bagian Administrasi dan Kepegawaian PMI Kabupaten Banjar, Rabu (8/4/20) menuturkan, semenjak mewabahnya pandemi virus corona ini, pendonor sangat sedikit yang datang ke sini. Di sisi lain, saat ini stok darah di PMI Kabupaten Banjar hanya sebanyak 27 kantong darah.

“Dalam satu hari darah yang keluar dari kita sebanyak 10 sampai 15 kantong darah, dengan jumlah stok segini tentu sangat kurang,” tukas Isnina.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar jangan takut untuk mendonorkan darahnya, karena PMI Kabupaten Banjar telah menyiapkan APD sebelum melakukan pendonoran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar Ikhwansyah mengatakan, pihaknya bersama dengan KNPI Kabupaten Banjar melakukan aksi sosial berupa donor darah yang dilakukan oleh anggota KNPI Kabupaten Banjar.

“Apalagi saat ini PMI Kabupaten Banjar kekurangan stok darah akibat wabah corona yang saat ini melanda, salah satunya di Kabupaten Banjar. Semua golongan darah kosong,” ungkapnya.

“Data anggota KNPI yang masuk untuk bersedia mendonorkan darahnya 15 sampai 20 orang, dengan bermacam macam golongan,” tambah Ikhwansyah.

Sedangkan Ketua KNPI Kabupaten Banjar Chairil Anwar mengatakan bahwa hari ini KNPI Kabupaten Banjar melakukan aksi sosial, berupa donor darah yang dilakukan oleh pengurus dan anggota.

“Stok darah saat ini di UTD PMI Kabupaten Banjar sangat kekurangan, dengan aksi donor darah ini setidaknya bisa mencukupi suplai darah yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Banjar yang membutuhkan,” ucapnya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Ketua DPRD Banjar : Ada Social Distancing Antara Bupati dan Wakil Bupati Banjar

Ibadah Salat Nisfu Sya’ban Sementara Waktu Ditiadakan di Kabupaten Banjar