Surat dan Kotak Suara Pilgub Tiba di KPU Banjarbaru

WARTAKOTA.NET – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Banjarbaru telah menerima sebanyak 172.133 lembar surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan yang dikemas dalam 87 kotak (2.000 lembar surat suara per kotak), Rabu (18/11/20) sekitar pukul 11.40 WITA.

Ratusan ribu surat suara ini dikawal ketat oleh pihak keamanan beserta Bawaslu Kota Banjarbaru sedari tiba di pelabuhan Trisakti Bandarmasih, sampai ke KPUD Banjarbaru.

Ketua KPUD Kota Banjarbaru, Wahyu Hegar Hidayat menjelaskan bahwa untuk surat suara Pemilihan Umum Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru belum masuk ke KPUD Banjarbaru.

“Mungkin masih dalam masa perjalanan menuju Pelabuhan Trisakti, tidak lama lagi mungkin datang. Namun untuk kegiatan sortir dan lipat surat suara tetap akan kami lakukan esok mulai pukul 09.00 WITA hingga pukul 22.00 WITA,” jelasnya.

Puluhan kotak suara sudah dirangkai oleh petugas KPU Banjarbaru. Foto – Galih Humas Bjb

Dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini sebut Hegar, melibatkan kurang lebih 30 orang tenaga yang diawasi langsung oleh pihak keamanan dan Bawaslu Kota Banjarbaru.

Tibanya surat suara di KPUD Kota Banjarbaru ini mendapat perhatian dari Pjs Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu. Ia mengingatkan SOP setiap permasalahan yang berkaitan dengan pengiriman kotak suara, surat suara, dan perlengkapan TPS lainnya terkait Pilkada kali ini. Pasalnya, Pilkada tahun 2020 ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Setiap KPPS dan personilnya serta petugas yang di lapangan seluruhnya akan dites rapid, untuk mengetahui dan memastikan kesehatan setiap petugas yang ada di TPS dalam keadaan sehat,” kata Bernhard.

Kemudian tambah Bernhard, setiap TPS akan dirancang dengan baik dengan mengikuti pola 3 M (Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak).

“Dengan ini diharapkan masyarakat tidak takut dan bersemangat untuk mendatangi setiap TPS yang ada di Kota Banjarbaru,” tutupnya. (tim/glh)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Haul ke-16 Guru Sekumpul, H. Abdurrahman : Tunggu Pengumuman Resmi

Dishub Banjarbaru Siap Kembangkan Angkutan Umum Berbasis Bus