Taati Protokol Kesehatan Saat Berkampanye

WARTAKOTA.NET – Usai melakukan tahapan pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan memasuki masa kampanye yang akan dimulai dari tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020.

Dikatakan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banjar Abdul Muthalib, pada pelaksanaan kampanye nanti ada beberapa aturan yang wajib ditaati oleh masing-masing pasangan kandidat Pilkada, diantaranya saat melakukan kampanye para kandidat dilarang menggelar pentas seni dan perlombaan.

“Diprioritaskan melaksanakan kampanye melalui daring. Namun Paslon masih diizinkan untuk melakukan pertemuan terbatas di dalam ruangan, akan tetapi harus mengantongi izin dari Gugus Tugas dan Polres terlebih dahulu,” ujarnya, Jumat (26/9/20)

Hal itu lanjut pria yang akrab disapa Aziz itu, dikarenakan saat ini kondisi Kabupaten Banjar belum pulih dari penyebaran Covid-19, sehingga semuanya masih merujuk pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fajeri Tamzidillah mengungkapkan yang diutamakan dalam pelaksanaan Kampanye nanti adalah penerapan protokol kesehatan. Karena itu pihaknya sudah diperintahkan untuk membentuk Kelompok Kerja (Pokja) tata cara penanganan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2020. Pokja ini beranggotakan Bawaslu, Aparat Keamanan dan Pemda, termasuk Gugus Tugas.

“Pokja tersebut nantinya dapat memberikan teguran dan jika memungkinkan akan memberi sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan saat pelaksanaan kampanye,” terangnya.

Menurut Fajeri hingga kini masih belum ada sanksi khusus dalam PKPU 13/2020 jika ada pelanggaran dalam kampanye di masa pandemi virus corona ini. Namun pihaknya menegaskan masih ada Undang-undang lain yang menyangkut wabah penyakit. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Fokus ke Masyarakat

Pagar Pembatas Sudah Dibangun, Air Mancur CBS Belum Juga Difungsikan