Tahun 2021, Pemkab Banjar Akan Rasionalisasi Anggaran SKPD

WARTAKOTA.NET – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar, dipastikan akan melakukan kebijakan rasionalisasi sebanyak 20 persen dari Rencana Anggaran Belanja (RAB) Tahun 2021 setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tak terkecuali Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

Kepala BPKAD Kabupaten Banjar, Achmad Zulyadaini menyampaikan, penerapan rasionalisasi tersebut dikarenakan adanya pengurangan dari dana transfer pusat sekitar Rp127 miliar.

“Kita minta setiap SKPD untuk memangkas anggaran mereka sebanyak 20 persen. Pemangkasan tersebut dengan mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu urgent (mendesak) seperti perjalanan dinas, rapat, dan operasional lainnya,” ujar Zulyadaini, Selasa (13/10/20).

Ia juga menambahkan bahwa hingga saat ini, capaian rasionalisasi anggaran tersebut telah mencapai hingga Rp57 miliar dari target Rp127 miliar. Hal itu dikarenakan tidak semua SKPD dapat menekan anggaran sebesar 20 persen.

“Untuk sementara waktu ini rata-rata per SKPD hanya bisa menyanggupi di angka 15 hingga 16 persen,” sebutnya.

Sekadar informasi, Kabupaten Banjar hingga saat ini masih bergantung pada dana transfer dari pemerintah pusat yang mencapai 80% dari total APBD tahunan. Sedangkan 20% ditutupi oleh PAD. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Warga Laporkan Jembatan Rusak, Begini Respon Bina Marga

Warga Pulau Bromo Harapkan Haris – Ilham Menang, Ini Alasannya