Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Was-Was Lewati Jembatan Ini

Dinas PUPR Banjar: Sudah Ada Rencana Perbaikan

WARTAKOTA.NET – Warga Desa Sungai Pinang Baru, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar mengeluhkan kondisi jembatan penghubung utama di desa mereka. Pasalnya, jembatan itu sudah dalam kondisi rusak dan membahayakan.

Meski sebagian warga sudah ada mendengar tentang rencana perbaikan, namun hingga ini rencana itu belum juga terealisasi.

Dari pantauan wartakota.net, kondisi jembatan memang mengalami kerusakan yang cukup parah, baik pada lantai jembatan maupun pagar pembatas untuk keamanan pengguna jembatan tersebut. Kondisi tersebut jelas sangat membahayakan bagi masyarakat atau pengendara yang melintas di atasnya.

Para pengendara atau warga yang melintasi jembatan ini harus ekstra hati-hati dan pelan. Foto – Sai

Salah seorang warga Sungai Pinang Baru, Arsyad mengatakan, jembatan ini merupakan akses utama bagi warga yang berada di bagian belakang desa, untuk bisa keluar masuk dari desa ini.

“Kerusakan jembatan ini sudah cukup lama, namun hingga kini belum ada perbaikan. Pasti was-was kita kalau melintasi jembatan ini, apalagi kalau kita membawa hasil panen dikendaraan,” ucapnya.

Menurutnya Arsyad, jembatan ini merupakan akses jalan bagi warga yang kebanyakan berprofesi sebagai petani, untuk menjual hasil panen mereka.

Tidak hanya jembatan yang dikeluhkan warga setempat. Jalan yang rusak dan berbatu pun sangat dikeluhkan, lantaran dinilai dapat menghambat kelancaran warga untuk menjual hasil panen mereka.

“Karena kendaraan roda empat susah untuk memasuki desa ini. Padahal kalau mobil bisa masuk, warga jadi sangat mudah mengangkut hasil panen,” cetusnya.

Warga pun sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Banjar untuk bisa melakukan perbaikan secepatnya, sehingga mereka bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa harus takut terjadi musibah ketika melewati akses jalan dan jembatan ini.

Dikonfirmasi terpisah, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar melalui Kabid Bina Marga, Solhan mengatakan, pihaknya telah mengetahui informasi mengenai kondisi jembatan tersebut.

“Sudah ada rencana perbaikan, dan insyaalllah dalam waktu dekat (akan diperbaiki),” ucapnya singkat. (sai)

Ratusan Guru Agama Terima Insentif Covid-19

Pemilihan Nanang dan Galuh Banjar Ditiadakan