Wawali Banjarbaru Tak Langgar Aturan

Saat Hadiri Deklarasi Pemilihan Sehat di KPU

WARTAKOTA.NET – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Banjarbaru telah melakukan pembahasan kedua terkait adanya dugaan tindak pidana pemilihan terhadap Terlapor, Darmawan Jaya Setiawan oleh Pelapor atas nama Bagus Silviarto dengan nomor register Laporan Nomor : 03/LP/PW/Kota/22.02/IX/2020 tertanggal 14 September 2020, Jum’at (18/9/20).

Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru, Dahtiar dalam press release Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru menyampaikan bahwa Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru sudah melakukan pemeriksaan secara marathon selama kurang lebih 5 (lima) hari kalender.

“Adapun prosesnya adalah klarifikasi beberapa pemanggilan-pemanggilan ke beberapa pihak sebanyak 9 orang, juga dilakukan pemeriksaan permintaan kepada 1 ahli hukum pidana dan juga 1 ahli hukum administrasi,” terang Dahtiar.

Kemudian, tambah Dahtiar, juga telah dikumpulkan alat bukti lain berupa surat-surat, dokumen-dokumen, foto, video, dan telah didapat petunjuk bahwa tidak ada tindak pidana pada rangkaian kejadian yang dilaporkan tersebut.

Lebih jauh Dahtiar menjelaskan, bahwa sesuai Pasal 188 jo. Pasal 71 Ayat (3) UU No.10 Tahun 2016 terkait dengan adanya unsur subjektif dan unsur objektif, diperoleh kesimpulan bahwa belum terpenuhi unsur-unsur tindak pidananya, sehingga tidak ditindaklanjuti ke proses penyidikan atau dihentikan karena tidak memenuhi Pasal 188 Jo.71 Ayat (3) UU No.10 Tahun 2016.

“Namun demikian, Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru karena bukan hanya menangani Tindak Pidana, tapi menjaga Pemilihan yang Berintegritas,” ucap Dahtiar.

Ia juga menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang prinsipil untuk ditegakkan bukan hanya pada aspek pidana, namun juga secara etika, kepantasan, kepatutan serta moral yang memang bukan hanya semata-mata hukum positif, akan tetapi itu sama pentingnya untuk menjaga Pemilihan yang Berintegritas.

“Oleh karenanya, kami mengimbau agar semua pihak yang terkait dalam Pemilihan Tahun 2020 agar lebih bersikap selektif dan lebih bijak demi terwujudnya Pemilihan yang Berintegritas,” tutup Dahtiar.

Sementara itu, keluarnya putusan dari Sentra Gakkumdu yang menyatakan terlapor Darmawan Jaya Setiawan tidak terbukti melakukan tindak pidana Pemilu seperti yang dituduhkan dan dilaporkan, disambut positif terlapor, H. Darmawan Jaya Setiawan (Wakil Wali Kota Banjarbaru). Ia bersyukur tidak ada pelanggaran pemilu yang ia lakukan seperti yang disampaikan Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru.

“Alhamdulillah dan Subhanallah, Saya diputuskan tidak melakukan pelanggaran seperti yang dituduhkan. Sejak awal Saya tidak ada niat untuk melanggar ketentuan ataupun peraturan yang berlaku,” jelasnya, Sabtu (19/9/20).

Bakal Calon Wakil Wali Kota Banjarbaru yang berpasangan dengan Haji Martinus di Pilwali Kota Banjarbaru ini menegaskan, bahwa Ia bersama Haji Martinus telah berkomitmen untuk memelihara situasi yang aman dan kondusif diseluruh tahapan Pilkada di Kota Bajarbaru.

“Kami Paslon Haji Martinus – Jaya mengharapkan komitmen semua pihak untuk tetap menjaga tradisi proses demokrasi yang berjalan dengan baik di Kota Banjarbaru,” harap Darmawan Jaya Setiawan.

Press Release dari Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru itu ditandatangani oleh Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Dahtiar, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri Banjarbaru Ali Budi Muklish, dan Kasat Reskrim Polres Banjarbaru AKP Aryansyah. (tim)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

PT Angkasa Pura I Raih 9 Penghargaan Prestisius

Siring Kemuning Curi Perhatian