Budidaya Jamur Tiram Bisa Jadi Peluang Bisnis

WARTAKOTA.NET – Budidaya Jamur Tiram milik Susilo Utomo, warga Jalan Asabri 5 Komplek Griya Ulin Permai Kelurahan Landasan Ulin Timur, Kecamatan Landasan Ulin, menarik perhatian Wakil Wali Kota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan.

Menurut Darmawan Jaya, pembudidayaan dan pengolahan produk jamur tersebut dapat menciptakan supply serta demand sekaligus. Ia pun mengaku sangat senang lantaran kondisi perekonomian di Banjarbaru mulai membaik secara perlahan di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Hari ini kita melihat suatu kondisi yang membangun semangat dan optimisme kita bahwa ekonomi itu sedang bergerak, menggeliat dan terjadi pemulihan ekonomi di Kota Banjarbaru,” ungkap Jaya kepada sejumlah awak media saat mengunjungi lokasi pelatihan budidaya jamur tiram itu, Senin (21/9/20).

Hal tersebut tambah Jaya, didukung dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan bahwa ekonomi nasional mengalami minus hingga 5,32 persen. Namun ekonomi di Kota Banjarbaru menurut proyeksi BPS tumbuh dari 2 sampai 3 persen.

“Kalau kita gigih sama-sama berjuang untuk pemulihan ekonomi ini bisa tumbuh sampai 3 persen. Hal ini harus kita jaga,” ajaknya.

Wakil Wali Kota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan saat melihat-lihat budidaya jamur tiram milik Susilo. Foto – Tet

Pengusaha sekaligus pembudidaya jamur Tiram, Susilo Utomo menyampaikan, ia melaksanakan pelatihan budidaya jamur tiram ini secara berkala sejak tanggal 11 Agustus 2020 lalu atau sekitar 40 hari. Hari ini lanjutnya, pelatihan itu ditutup.

“Kenapa 40 hari karena selama itulah waktu yang ditunggu untuk menimbulkan jamurnya, itu kan sudah mulai keluar sebagian jamurnya,” jelas Susilo.

Lebih jauh Susilo menjelaskan, setelah 40 hari sampai 4 bulan ke depan, jamur-jamur itu akan terus dipanen hingga wadah jamurnya habis.

“Saya sudah 5 tahun berbisnis ini. Setiap hari hasil yang kita panen bisa sampai 20 Kilogram. Satu kilonya kita jual seharga 25 ribu rupiah,” sebutnya.

Susilo juga menerangkan bahwa pelatihan ini ia buka untuk membantu para warga yang kerepotan mencari lapangan pekerjaan. Ia pun berharap dari pelatihan ini akan tumbuh pelaku UMKM lain di bidang ini.

“Saat ini di Landasan Ulin sudah ada 3 pelaku usaha budidaya jamur tiram baru, sepertinya mulai diminati,” pungkasnya. (tet)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Penggiat Seni dapat Bantuan dari Polda, Kadisporabudpar : Tepat Sasaran

Hati-hati! Tak Menggunakan Masker, Dihukum Push Up