Food Loss and Waste Mulai Ramai Dikampanyekan

WARTAKOTA.NET – Akhir-akhir ini, Food Loss and Waste mulai diangkat dan ramai dikampanyekan di Indonesia.

Para kaum milenial mulai peduli dan perhatian terhadap isu lingkungan, salah satunya adalah isu Food Loss And Waste ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, yang diwakili Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Rolena Kinawati, saat kegiatan Kampanye Food Loss and Waste yang diadakan di Sekretariat PKK Kota Banjarbaru dan turut dihadiri Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Hj. Ririen Kartika Rini Nadjmi Adhani, Selasa (21/7/20).

“Menurut FAO, Food Loss And Waste ini mengacu kepada makanan yang dibuang, dimana produk makanan atau produk makanan alternatif tersebut masih aman dan bergizi untuk dikonsumsi,” ungkap Rolena.

Foto : Galih – Humas Bjb

Di Indonesia sendiri, lanjut Rolena, kasus Food Loss and Waste ini masih banyak terjadi. Indonesia merupakan pelaku Food Loss and Waste terbesar kedua di dunia setelah negara Arab Saudi.

“Padahal Indonesia sendiri kasus kelaparannya masih terjadi dimana-mana, 300 kilogram bahan pangan dan makanan yang terbuang tersebut dapat mengatasi masalah kelaparan di Indonesia apabila didistribusikan dengan benar,” ujarnya.

Di acara yang sama, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj. Ririen Kartika Rini Nadjmi Adhani mengatakan, tujuan dari dilakukannya Food and Waste ini adalah agar kita bisa lebih memanfaatkan makanan sebaik mungkin.

“Sebagai wanita sebaiknya mengolah makanan dengan bijak sehingga tidak berlebihan dan justru malah tidak termakan lalu dibuang,” kata Ririen.

Padahal menurut Ririen, makanan yang berlebihan itu bisa diberikan kepada yang lebih membutuhkan.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Hj. Ririen Kartika Rini Nadjmi Adhani.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Banjarbaru khususnya kepada ibu ibu, agar mengolah makanan tersebut dengan lebih bijaksana.

“Dan mungkin bisa memanfaatkan makanan itu sebaik-baiknya, atau mungkin dapat diberikan kepada saudara kita yang lebih membutuhkan,” tuturnya. (glh/tet/dm)

Penikmat Aroma Lem Diamankan Satpol PP Banjar

Beredar Selebaran Mempertanyakan Moral Anggota Dewan