Harga Jual Gelang Fukaha Alami Penurunan

WARTAKOTA.NET – Meski saat ini telah memasuki new normal, tak semerta-merta membuat usaha masyarakat yang sebelumnya sempat terhenti akibat dampak virus corona menjadi membaik seperti sediakala.

Salah satunya adalah masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin gelang fukaha.

Saat ini, harga gelang fukaha mengalami penurunan harga yang sangat drastis. Bahkan ada yang berpikir untuk berpindah profesi.

Rusdi misalnya, warga Desa Antasan Senor Ilir yang berprofesi sebagai pengrajin gelang fukaha.

Ia menuturkan, harga gelang fukaha saat ini mengalami penurunan. Dari semula harga Rp4.000, saat ini hanya Rp2.500 per gelang.

“Semenjak libur panjang kemarin akibat virus corona, kini harga gelang fukaha jadi sangat murah, sangat susah sekarang mencari keuntungan, kembali modal saja sudah syukur,” ucapnya, Jumat (10/7/20).

Rusdi mengungkapkan, jika dulu dalam satu minggu ia dapat mengolah buah fukaha sebanyak 50 kilo untuk dijadikan gelang, saat ini hanya berani mengolah sebanyak 5 kilo.

Hal itu dikarenakan susahnya menjual hasil dari produksi gelang fukaha.

“Langganan dan bos yang biasa narik atau beli gelang kita, saat ini gak bisa lagi beli banyak. Jadi kita kalau bikin banyak pasti bakal susah menjualnya,” katanya.

Hal yang sama juga dituturkan oleh pengrajin gelang fukaha lainnya, Amat, warga Desa Keramat Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Amat mengatakan, akibat menurunnya harga jual gelang fukaha, membuatnya harus mengurangi karyawannya lantaran sudah tidak bisa lagi memberikan upah.

“Kalau kita upahkan ke orang, dijamin kita tidak lagi dapat keuntungan. Karena biaya upah masih tinggi, sedangkan harga jual mengalami penurunan,” pungkasnya. (sai)

Hewan Qurban Sepi Pemesan

Siswo: Kami Tidak Asal-Asalan Membangun Rumah Warga