Hewan Qurban Sepi Pemesan

WARTAKOTA.NET – Bagi peternak sapi dan kambing, momen Idul Adha selalu ditunggu oleh mereka. Pasalnya, hari raya Idul Adha atau yang dikenal dengan hari raya qurban ini membuat ternak mereka paling dicari oleh masyarakat yang hendak melaksanakan ibadah qurban.

Di sisi lain, Covid-19 atau virus corona yang saat ini mewabah di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Banjar, membuat hewan qurban itu jadi sepi pembeli/pemesan.

Bagi para peternak sapi atau kambing, hari raya Idul Adha atau hari raya qurban tahun ini menjadi sulit. Seperti yang dirasakan oleh salah seorang peternak sapi, Sugianto.

“Biasanya H-30 sudah mulai banyak pesanan yang datang, tapi tahun ini sepi banget, hanya ada beberapa,” ujar Sugianto, warga Mandiangin Kecamatan Karang Intan ini kepada wartakota.net, Jum’at (10/7/20).

Kendati demikian, dirinya memaklumi bahwa selama pandemi virus corona ini masyarakat mengalami kesulitan dari segi perekonomian, lantaran sulitnya melakukan aktivitas. Terutama para pedagang yang mengalami penurunan omzet.

“Semoga tahun ini segera berakhir saja virus corona ini, karena sangat menyusahkan masyarakat,” ucapnya.

Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Jum’at, 31 Juli 2020.

Setiap hari raya Idul Adha tiba, masyarakat Kabupaten Banjar yang mayoritas beragama Islam ini selalu antusias menyambutnya dengan melaksanakan ibadah qurban.

Ibadah potong hewan qurban ini memiliki sejarah tentang pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan tentang besarnya kesabaran Nabi Ismail AS. (sai)

What do you think?

Kondisi Eks Rumah Pemotongan Hewan di Desa Ini Memprihatinkan

Harga Jual Gelang Fukaha Alami Penurunan